Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mentalitas Berubah, Pertahanan Liverpool Menguat

By Andrew Sihombing - Rabu, 25 Februari 2015 | 19:27 WIB
Gelandang Liverpool, Joe Allen (bawah), melakukan tekel terhadap Filip Djuricic dalam laga kontra Southampton pada 22 Februari 2015. (Richard Heathcote/Getty Images)

Liverpool tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir di Premier League. Enam di antaranya bahkan diakhiri tanpa kebobolan.

Kondisi ini tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh mereka yang mengikuti perjalanan Liverpool. Bayangkan, hingga akhir Oktober lalu misalnya, Steven Gerrard cs. cuma menorehkan sebiji clean-sheet dalam 18 partai.

"Saya sudah berulang kali mengatakan bahwa bertahan bukan cuma tugas pemain belakang, namun tim secara keseluruhan. Itu yang sudah kami perbaiki," ujar Skrtel beberapa waktu lalu seperti dilansir This is Anfield.

Liverpool bukannya berubah menjadi tim defensif. Musim lalu, The Reds selalu habis-habisan saat menyerang. Kebobolan bukanlah masalah selama tetap bisa mencetak gol lebih banyak. Mentalitas itu yang kini berubah.

"Kuatnya pertahanan memberi kepercayaan diri buat kami menciptakan peluang lebih banyak di depan. Tanpa bola, kami sekarang aktif menekan lawan seperti yang selalu diinginkan pelatih. Mungkin inilah yang kurang dari kami di awal musim," tutur gelandang Philippe Coutinho.

Ket.: Artikel lengkap bisa dibaca di Mingguan BOLA 2.603 edisi 26 Februari-4 Maret 2015.