Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

I Made Wirawan Tegur Jupe Sampai 10 Kali

By Aning Jati - Jumat, 14 November 2014 | 06:30 WIB
Kiper Persib, Made Wirawan, mengaku rutin menegur rekan-rekannya di lini belakang. (Gonang Susatyo/Bolanews)

Koordinasi antara penjaga gawang dan lini pertahanan merupakan salah satu hal krusial di dunia sepak bola. Hal serupa juga mengiringi perjalanan Persib menuju gelar juara Liga Super Indonesia 2014.

Kiper Persib, I Made Wirawan, dipuji beberapa pengamat Bandung karena dinilai mampu mengoordinasi lini belakang dari bawah mistarnya. Hal tersebut tak ditampik oleh salah satu pemain belakang Persib, Ahmad Jufriyanto.

“Namanya juga kiper, jadi Bang Made memang sering meneriaki saya. Tujuannya sekedar mengingatkan. Biasanya kalau saya salah mengambil posisi, atau terlalu naik ke depan,” ujar Jufriyanto kala ditemui di sela-sela pemusatan latihan timnas Piala AFF 2014 di Senayan.

Sementara itu, sang kiper berkilah bahwa tak hanya Jupe yang kerap ia teriaki, melainkan juga rekan-rekannya di lini tengah dan belakang. “Bukan cuma pemain belakang saja yang saya teriaki. Pemain tengah dan depan juga. Biasanya untuk mengingatkan kalau-kalau posisi lawan justru sudah berada di belakang mereka,” ujar Made.

Hal ini merupakan salah satu bagian dari koordinasi Persib di lini belakang sehingga para pemain sama sekali tak merasa tersinggung. “Kalau dikira-kira, saya mungkin bisa sampai 10 kali ditegur bang Made dalam satu laga,” ujar Jupe seraya tertawa.