Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inilah Penyebab Utama Kecelakaan Fernando Alonso

By Tulus Muliawan - Selasa, 24 Februari 2015 | 10:00 WIB
Proses evakuasi Fernando Alonso di Catalunya. (Mark Thompson/Getty Images)

Dua hari setelah kecelakaan yang dialami Fernando Alonso, McLaren akhirnya angkat bicara. Melalui rilis resmi yang mereka berikan, McLaren menjelaskan penyebab utama kecelakaan Alonso di Sirkuit Catalunya.

Menurut McLaren, tiupan angin yang kencang menjadi penyebab utama Alonso menabrak dinding sirkuit. Melalui rilis tersebut, McLaren juga membantah isu adanya masalah teknis pada mobil yang dikemudikan Alonso.

Alonso menambark dingin dengan kecepatan sekitar 240 km/jam. Pebalap Spanyol itu berada dalam kondisi stabil, namun tiupan angin yang kencang mengubah arah laju mobil Alonso dan menabrak dinding.

"Berdasarkan hasil investigasi, tidak ada kesalahan pada mesin kami. Mobil Alonso juga tidak kehilangan tekanan aerodinamis yang membuat mobil menabrak dinding," kata McLaren.

Alonso mengalami kecelakaan fatal di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (22/2). Kecelakaan ini dialami saat ia menjalani tes pramusim hari terakhir di Catalunya.

Pada balapan tersebut, Alonso menabrak dinding pembatas sirkuit pada tikungan ketiga. Setelah kecelakaan terjadi, dengan sigap ambulance datang dan mengangkut Alonso keluar dari mobilnya.

Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit, pebalap McLaren itu divonis mengalami gegar otak ringan. Namun, kini kondisi Alonso menunjukkan perkembangan yang positif.