Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Voting Ballon d Or 2014, Ini Pilihan Tata Martino

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 8 November 2014 | 18:01 WIB
Gerardo Martino (kanan) dan Lionel Messi. (LLUIS GENE/GETTY IMAGES)

Voting pemilihan siapa pemain terbaik di dunia yang layak untuk mendapatkan gelar Ballon d'Or 2014 akan segera dilakukan. Sebagai pelatih Argentina, Gerardo Martino tentu memiliki kesempatan untuk memberikan suaranya.

Sebagai orang Argentina dan mantan pelatih Barcelona, Martino tentu memilih Lionel Messi untuk bisa menjadi yang terbaik di bandingkan Cristiano Ronaldo dan pemain lainnya di dunia ini. Pelatih berusia 51 tahun itu pun mengatakan bahwa Messi hingga saat ini masih terus mencari level tertinggi dari permainannya.

"Saya akan selalu memilih Messi untuk Ballon d'Or. Saya pernah menyatakan kepadanya bahwa ia tampak terlalu sibuk untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya, padahal saya yakin dia telah melakukannya," kata Martino kepada AFP.

"Tentunya saat ini dia masih berpikir tentang hal itu. Dua gol (melawan Ajax) yang menyamai rekor Raul akan membantunya secara mental, namun dia akan bersikeras untuk terus mendapatkan level penampilan yang membuatnya sebagai yang terbaik."

"Seorang pelatih pernah berkata bahwa di dunia ini, dia adalah yang terbaik. Namun, ia membiarkannya bermain dengan bebas karena ia adalah seorang ekstraterestrial (berasal dari pelanet lain). Dia akan terus mencari cara agar dirinya bisa mencapai level ekstraterestrial."

"Messi akan terus memecahkan rekor. Ini adalah sebuah kebanggaan untuk mengetahui bahwa dirinya adalah orang Argentina dan Leo adalah pencetak gol terbanyak di Liga Champion. Pada saat dia berhenti memecahkan rekor, ini akan menjadi beban berat bagi dirinya."