Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Spanyol Ini Puasa Gelar Copa Selama 31 Tahun!

By Indra Citra Sena - Kamis, 12 Februari 2015 | 00:20 WIB
Lucas Vazquez (tengah), mengincar hasil positif di markas Bilbao. (Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)

Di ajang Copa del Rey, Athletic Bilbao merupakan salah satu klub pengoleksi trofi terbanyak. Catatan 23 gelar milik Los Leones alias Si Singa hanya kalah dari Barcelona (26).

Kendati demikian, keperkasaan Bilbao di Copa del Rey sudah lama berlalu. Terakhir kali klub kebanggaan masyarakat Basque itu merengkuh trofi adalah pada edisi 1983/84 atau 31 tahun silam!

Musim ini, Bilbao mencoba untuk mengulang kejayaan masa lalu. Kemenangan dalam duel semifinal leg I kontra Espanyol di Stadion San Mames, Rabu (11/2), lantas dipatok sebagai target oleh pasukan Ernesto Valverde.

Energi para pemain yang terkuras usai menghadapi Barcelona di kancah La Liga, Ahad kemarin, mungkin bakal menjadi kendala. Namun, situasi serupa juga dirasakan kubu Espanyol sehingga Bilbao tak punya pilihan selain bertanding habis-habisan. 

Apalagi, Bilbao menyimpan rapor kurang bagus tatkala menjamu Espanyol selama lima musim belakangan. Los Leones hanya pernah menang dua kali. Tiga partai lain berakhir dengan dua kekalahan dan sekali imbang.

Winger Espanyol, Lucas Vazquez, bahkan secara terang-terangan menyebutkan bahwa timnya mengincar hasil positif di markas Bilbao agar dapat meringankan beban klub yang identik dengan warna biru-putih itu saat melakoni leg II, 4 Maret mendatang.

“Kami datang ke San Mames dengan keinginan membawa pulang kemenangan. Kami perlu mencetak gol ke gawang Bilbao. Saya yakin kami bisa karena tim ini tengah berada dalam kondisi yang bagus,” ujar pemain pinjaman dari Real Madrid itu seperti dikutip dari As.