Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Legenda Milan: Pemain Hitam Mendominasi Italia

By Tulus Muliawan - Selasa, 17 Februari 2015 | 07:30 WIB
Ariggo Sacchi, legenda sepak bola Italia. (Luca Ghidoni/AFP)

Dominasi pemain asing di kompetisi junior Italia mengundang komentar dari mantan pelatih AC Milan, Ariggo Sacchi. Pria berkepala plontos itu menyebut kondisi ini sebagai sebuah kemunduran.

Saat diwawancarai dalam turnamen Viareggio, Sacchi berbicara banyak mengenai kompetisi junior di Italia. Ia menilai dominasi pemain berkulit hitam membuat sepak bola Italia sulit berkembang.

"Sepak bola Italia seperti kehilangan martabat, tidak ada kebanggaan. Saya melihat banyak tim muda tampil dengan 15 pemain asing," tutur Sacchi.

"Ketika menonton turnamen Viareggio, saya harus katakan bahwa terlalu banyak pemain berkulit hitam di turnamen ini," ucap pria 39 tahun tersebut.

"Saya tidak rasis, tapi pengalaman saya sebagai pelatih memang mengatakan hal demikian. Sepak bola kita harus menunjukkan kebanggaan."

Internazionale menjadi kampiun di Viareggio tahun ini dengan menundukkan Hellas Verona dengan skor 2-1. Turnamen yang berisi para pemain di bawah usia 19 tahun ini juga diikuti wakil Indonesia, Pro Duta.