Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lewis Hamilton Sudah Pikirkan Pensiun

By Oka Akhsan M. - Rabu, 5 November 2014 | 16:41 WIB
Lewis Hamilton, berpeluang besar merebut titel Formula 1 2014. (Jiri Krenek/Isifa/Getty Images)

Lewis Hamilton baru berusia 29 tahun dan sedang berada di puncak karier. Pebalap Mercedes itu bahkan berpeluang meraih titel Formula 1 yang kedua pada musim 2014.

Hamilton sudah meraih 10 kemenangan pada musim ini dan unggul 24 poin atas rekan setim Nico Rosberg dengan dua seri tersisa.

Namun, juara dunia lomba jet darat 2008 itu ternyata sudah memikirkan rencana selepas pensiun.

"Banyak eks pebalap bekerja di media sebagai komentator maupun reporter. Saya punya rencana dan aspirasi berbeda. Setelah pensiun pasti ada hasrat besar untuk kembali karena saya telah membalap sejak berusia delapan tahun," kata Hamilton.

Schumacher gantung helm sebagai tujuh kali juara dunia pada 2006, tapi kembali bersama Mercedes pada 2010. Juara dunia 2007, Kimi Raikkonen juga pensiun pada 2009 sebelum kembali dua tahun kemudian.

"Mika Hakkinen juga mencoba kembali karena balapan itu sudah seperti obat-obatan yang bisa membuat Anda kecanduan. Saat saya pensiun nanti, saya ingin melakukan hal lain sebagai pengganti balapan," ujar Hamilton.

Hamilton barus saja berpisah dengan manajemennya, XIX Entertainment. Walau mengaku masih berhubungan baik, ia mengatakan tak akan mencari perusahaan manajemen pengganti. Ia juga membantah rumor yang menyebut sang ayah, Anthony, akan kembali menjadi manajernya.

"Saya cukup nyaman melakukannya sendiri. Nico dan Sebastian Vettel juga begitu, mengapa saya tidak?," tutur Hamilton.

Kontrak Hamilton dengan Mercedes tinggal tersisa satu tahun lagi. "Saya berharap bisa lebih lama lagi di tim ini," katanya.