Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tidak Cantik? Tak Masalah!

By Firzie A. Idris - Selasa, 10 Februari 2015 | 14:47 WIB
Angel Di Maria, kesulitan sebagai penyerang lubang. (Adrian Dennis/AFP)

Manchester United mencapai titik di mana mengakumulasi poin lebih penting ketimbang kecantikan permainan. Revolusi Louis van Gaal membawa Setan Merah ke empat besar tapi kritikan tidak akan surut.

Setan Merah  tertinggal lebih dulu di Upton Park berkat gol cantik Cheikhou Koyate. Satu angka baru terselamatkan lewat gol menit ke-93 Daley Blind. Sementara Luke Shaw mendapat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Stewart Downing pada detik-detik terakhir laga.

Bos Hammers, Sam Allardyce, memutar balik kritik yang biasa pelatih-pelatih tim lain lancarkan padanya.
“Pada akhirnya kami tak bisa menghalau bola-bola jauh yang Manchester United lancarkan ke kotak penalti kami,” tutur Big Sam di BBC.

“Taktiknya hanya itu, luncurkan ke depan dan lihat apa yang mereka bisa dapatkan. Pada akhirnya, strategi ini berhasil bagi mereka.”

Situasi di Manchester United kini sedikit kabur. Mereka yang mendukung LvG bakal mengatakan bahwa hasil ini menjaga rekor bagus klub.

Setan Merah hanya sekali menelan kekalahan di semua kompetisi dalam 17 laga terakhir. United pun tak pernah kalah tandang sejak menyerah 0-1 di rival sekota mereka, Manchester City, pada awal November.

Impresif, jika mengingat sejak duel di Etihad itu Setan Merah bertandang antara lain ke kandang Arsenal, Southampton, Tottenham.

Klub masih sangat mungkin menyerang peringkat kedua yang kini dihuni City karena hanya lima poin memisahkan mereka dengan 14 laga tersisa.

Ekspektasi Lebih

Namun, bukan Manchester United kalau ekspektasi tidak selangit. Van Gaal dituntut untuk menundukkan lawan-lawan mereka secara komprehensif. Idealisme awal musim itu terbentuk berkat pembelian-pembelian musim panas nan bombastis.