Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mentalitas Barca Kini Sudah Berbeda

By Andrew Sihombing - Jumat, 20 Februari 2015 | 06:53 WIB
Lionel Messi dalam sebuah kegiatan promosi bersama Adidas pada 19 Februari 2015 di Barcelona, Spanyol. (Robert Marquardt/Getty Image)

Apa rahasia Barcelona hingga bisa berlari sedemikian kencang di paruh kedua kompetisi musim ini? Bintang asal Argentina, Lionel Messi, menyebutnya sebagai buah perubahan mentalitas tim.

Messi menunjuk kekalahan 0-1 atas Sociedad di awal tahun sebagai titik tolak perubahan Barca. "Sejak pertandingan di Anoeta itu, mental tim sudah berubah. Motivasi dan sikap kami saat memasuki lapangan sudah berbeda, begitu juga cara kami menekan lawan, merebut bola, dan menguasainya. Sama sekali berbeda dengan sebelumnya," kata Messi dalam sebuah kegiatan promosi bersama Adidas pada akhir pekan ini seperti dilansir Marca.

Messi dan Barca belakangan sudah kembali ke performa puncak dan memenangi 11 laga terakhir di semua kompetisi. "Semua orang kini bisa melihat bahwa seluruh pemain ingin mengubah pandangan orang dan untungnya kami berhasil," tambah Messi.

Ayah dari Thiago ini menyebut Tim Catalan sangat menikmati dinamika di dalam tim beberapa waktu terakhir. Termasuk perubahan dalam cara bermain di bawah pelatih Luis Enrique.

"Kini kami punya dua cara, permainan yang lebih direct dan satunya lagi adalah passing game seperti yang lalu. Kami tetap mengnut filosofi bermain Barcelona seperti sebelumnya, tapi juga bisa menerapkan serangan balik saat diperlukan," ujarnya.

Hanya, Messi juga mengingatkan bahwa Barca belum meraih apa pun musim ini. "Target tim tetap seperti sebelumnya. Bermain buat Barca membuat kami punya kewajiban memenangi semuanya. Kami gagal musim lalu, tapi kali ini berharap bisa meraih sesuatu dengan terus bermain seperti sekarang," ujarnya.