Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mitra Kukar Gaet Gelandang eks La Liga

By Suryo Wahono - Jumat, 6 Februari 2015 | 20:12 WIB
Cristian Portilla Rodriguez saat masih bermain di Sporting Gijon. (Getty Images)

Mitra Kukar resmi merekrut gelandang serang asal Spanyol, Cristian Portilla Rodriguez.

Kehadiran Portilla untuk mengisi tempat rekannya sesama Spanyol, Cristobal Marquez Crespo, yang diputus kontrak karena mengalami cedera panjang.

Penandatangan kontrak Mitra Kukar dengan Portilla dilakukan di Jakarta, Kamis (5/2). Portilla dikontrak selama setahun dengan opsi perpanjangan. Kubu Naga Mekes enggan membeberkan nilai kontrak gelandang berusia 26 tahun itu.

Namun, menurut Transfermarkt, harga kontrak Portilla di pasar mencapai 176ribu pound atau setara Rp3,39 miliar. Akan tetapi, sumber dari PT Liga Indonesia mengungkapkan pemain asing yang direkrut klub LSI paling tinggi berbanderol Rp2 miliar.

CEO Mitra Kukar, Endri Erawan, mengungkapkan pemain asing terakhir di timnya itu bertolak menuju Tenggarong pada Jumat (6/2) agar bisa bergabung dan beradaptasi dengan Zulkifli Syukur dkk.

"Mudah-mudahan kehadiran Portilla mampu memberikan kontribusi positif buat tim," kata Endri seperti dikutip di laman Kutai Kartanegara.

Portilla menjadi pemain asing ketiga di Naga Mekes. Sebelumnya Mitra sudah merekrut Jorge Gotor Blas (bek) serta Oscar Martin Paniagua (striker).

Karier Portilla, termasuk membela timnas Spanyol U-16 dan U-17. Ia pernah pula bergabung bersama Sporting Gijon di Laga Liga 2009/10, kemudian berkiprah di Liga Yunani bersama Glyfada FC serta Budapest Honved (Liga Hungaria).