Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih United Percaya CR7 Main Sampai 40 Tahun

By Suryo Wahono - Jumat, 6 Februari 2015 | 07:08 WIB
Cristiano Ronaldo, punya fokus dan determinasi tinggi untuk menggapai impiannya. (Getty Images)

dewa Yunani kuno dan kemampuan sepak bola yang hanya bisa dimimpikan oleh manusia lain. Namun, kecemerlangan Cristiano Ronaldo sebenarnya ada dalam kepalanya.

Walau usianya sudah menginjak 30 setelah, tapi performa Ronaldo belum tampak bakal surut. Salah seorang pelatih yang pernah membantunya menuju kebesaran di Manchester United mengungkap alasan kenapa CR7 bisa bermain sampai umur 40 tahun.

Sejauh ini, Ronaldo telah memenuhi setiap target dalam rencananya sendiri menuju puncak kejayaan. Mick Clegg, pelatih kebubaran Manchester United yang  diberi tugas membantu pemuda pemalu asal Portugal itu, menjelaskan panjang lebar soal kenapa Ronaldo begitu fenomenal.

Clegg bersikeras bahwa Ronaldo bisa mengalahkan Ryan Giggs dalam hal karier bermain yang panjang.

"Jika dia mengatur dalam pikirannya, 'Saya ingin mengalahkan orang itu', maka dia akan melakukannya," kata Clegg seperti dikuti Daily Mail.

"Pengaruh-pengaruh yang Anda miliki dalam hidup akan mempengaruhi begitu banyak standar hidup Anda. Ronaldo bisa bermain sampai dia berumur 40 tahun. Itu semua tergantung pada berapa banyak orang yang mendorongnya."

"Tapi bekerja dengan Cristiano, serta halnya Ruud van Nistelrooy dan Paul Scholes, itu semua tentang otak. Ini bukan soal otot."

"Anda melihat keterampilan dan kekuatan, tetapi (sebenarnya ada di) otak. Banyak hal terjadi beriringan. Adalah bagaimana seorang pemain bisa melihat segala sesuatu, lalu bereaksi, yang membuatnya menjadi yang terbaik."

"Dia mengatakan kepada saya apa yang akan dia lakukan: menjadi pemain terbaik di dunia, maka dia melakukan apa yang semestinya, sementara banyak yang tidak (seperti itu)."

Menurut pengakuan Clegg,  Jika Ronaldo punya rencana, dia ingin mengumpulkan informasi lebih lanjut dan tahu apa yang harus dilakukan. "Anda tidak bisa hanya menjadi apa yang ada di kepala Anda, Anda juga harus menjalaninya."