Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Prestasi Indonesia Menurun karena Salah Urus!

By Tulus Muliawan - Senin, 16 Februari 2015 | 16:00 WIB
Mantan atlet nasional, diskusi bersama untuk membangun olah raga nasional. (Erly Bahtiar/Bolanews)

mantan atlet nasional. Mereka menilai penurunan prestasi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir disebabkan oleh kebijakan yang salah dari pemerintah.

Dalam diskusi media dengan Forum Komunikasi Mantan Atlet Nasional (FK MAN) di Jakarta, Senin (16/2), sejumlah mantan atlet nasional seperti Ivana Lie, Rexy Mainaky (bulu tangkis), Samsul Anwar (tinju), dan beberapa lainnya berbicara panjang lebar mengenai masalah yang terjadi dalam tubuh olah raga nasional.

"Kita menggelar acara ini semata-mata karena sangat peduli dengan kelangsungan olah raga Indonesia. Bos-bos kita di KONI dan KOI ribut terus. Lewat forum diskusi ini kami berharap suara kami bisa lebih didengar, tidak ada tujuan lain!" kata Taufik Hidayat, koordinator FK MAN.

Taufik dan sejumlah mantan atlet lainnya menilai tidak ada aksi nyata dari Menpora, KONI, KOI, dan juga Prima dalam menyambut sejumlah turnamen besar dalam waktu dekat. Mulai dari SEA Games 2015, Olimpiade 2016, dan Asian Games 2018, dimana Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah.

"Penurunan prestasi ini adalah tanggung jawab Menpora, terlebih lagi karena semua penurunan prestasi disebabkan oleh kebijakan Menpora yang salah," tutur Taufik, yang sukses menyumbang medali emas Olimpiade Athena 2004 dari cabang bulu tangkis.

Melalui forum ini, para mantan atlet memberikan saran dan masukan untuk kemajuan olah raga nasional. Mereka membuka pintu lebar-lebar untuk memberikan saran dan masukan demi kemajuan dan peningkatan prestasi olah raga nasional.