Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub-klub La Liga Siap Boikot Hak Siar La Liga

By Tulus Muliawan - Rabu, 11 Februari 2015 | 22:00 WIB
Ilustrasi: Hak siar La Liga mengundang kontroversi. (Oli Scarff/AFP)

klub papan atas La Liga siap melakukan boikot terhadap hak siar kompetisi La Liga. Mereka menuntut pemerintah agar segera mengeluarkan undang-undang yang menjelaskan pemerataan hak siar dalam waktu dekat.

Salah satu sosok yang paling vokal terhadap kasus hak siar ini adalah Joan Collet, Presiden Espanyol. Ia mengaku telah menggandeng sejumlah klub lain seperti Valencia untuk memprotes kebijakan hak siar ini.

"Kami siap memboikot La Liga jika peraturan soal hak siar tidak segera dikeluarkan dalam dua atau tiga pekan ke depan," tutur Collet dalam wawancara di salah satu radio terkemuka Spanyol.

Komentar Collet muncul setelah Premier League menyetujui hak siar kolektif yang dibangun bersama Sky TV dan BT Sport TV. Kesepakatan ini akan mulai diterapkan di EPL musim 2016 hingga 2019.

Collet menilai hak siar tunggal La Liga yang selama ini dipegang Mediapro membuat keuntungan tidak merata. Ia menilai hanya Real Madrid dan Barcelona yang mendapat pemasukan lebih dari hak siar.

Menurut data yang berhasil dihimpun BOLANEWS, sepanjang musim 2013/14 Real Madrid dan Barcelona meraih keuntungan yang jauh lebih besar dari klub La Liga lainnya. Dua raksasa La Liga itu mendapat keuntungan sebesar 140 juta euro.

Berbeda dengan kedua klub di atas, Valencia, Atletico Madrid, dan klub-klub La Liga lainnya hanya mampu menyedot keuntungan tak lebih dari 50 juta euro! Di samping Madrid dan Barca, Valencia mendapat keuntungan terbesar, yaitu 48 juta euro.