Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Barcelona Ingin Boyong Juan Mata Tahun Depan

By Aning Jati - Minggu, 15 Februari 2015 | 06:41 WIB
Juan Mata diincar Barcelona. (Mark Leech/Getty Images)

Salah satu koran yang terbit di Catalan, Mundo Deportivo, mengabarkan Barcelona mengincar Juan Mata. Gelandang timnas Spanyol dan Manchester United itu kabarnya hendak ditarik ke Camp Nou pada musim dingin 2016.

Mundo Deportivo mengklaim komite teknik Barcelona yang baru, mengadakan pertemuan untuk membahas strategi pembelian pemain di Januari 2016, tepatnya saat sanksi larangan beraktivitas di bursa transfer yang dijatuhkan FIFA berakhir.

Juan Mata disebut jadi incaran incaran terdepan seiring keyakinan Carles Rexach dan Ariedo Braida, dua orang yang bertanggung jawab di komite teknis Blaugrana, bahwa Mata kesulitan mendapatkan kepercayaan Louis van Gaal di United.

Sejak pergantian tahun, gelandang berusia 26 tahun ini kerap duduk di bangku cadangan bersama kompatriotnya, Ander Herrera. Van Gaal dianggap lebih menyukai Marouane Fellaini.

Komite teknis Azulgrana yakin bahwa fleksibiltas teknik yang dimiliki Mata jadi pilihan tepat buat Barca. Mata bisa dimainkan baik di posisi gelandang tengah maupun penyerang sayap.

Di sisi lain, Barcelona memang nyaris saja merekrut Mata pada 2010, kala ia masih bermain di Valencia. Surat kabar yang sama mengungkapkan Luis Enrique juga sepakat dengan keputusan mendatangkan Mata.

Belum diketahui berapa bujet yang disiapkan Barcelona untuk memboyong Mata. Yang jelas, bila United setuju, harganya harus lebih tinggi dari 47 juta euro yang dikeluarkan untuk memboyong gelandang bernama lengkap Juan Manuel Mata Garcia ini dari Chelsea pada Januari 2014.