Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marc Marquez Segera Samai Rekor Mick Doohan

By Arief Kurniawan - Sabtu, 25 Oktober 2014 | 14:30 WIB
Marc Marquez (tengah), start terdepan di Sepang. (MANAN VATSYAYANA/AFP/Getty Images)

Ambisi besar Marq Marquez untuk menyamai rekor Mick Doohan semakin dekat dengan kenyataan. Juara dunia dua kali dari tim Repsol Honda itu baru saja memastikan bahwa dia akan start dari posisi terdepan di pentas MotoGP Malaysia.

Marquez tidak pernah menang lagi sejak naik podium tertinggi di GP Inggris 31 Agustus. Marquez finis ke-15 di San Marino, posisi 13 di Aragon, finis kedua di Jepang, dan gagal finis di Phillip Island Australia.

Sepanjang musim ini, Si Bayi Alien itu sudah meraih 11 kemenangan. Hebatnya, 10 kemenangan perdana diraih secara beruntun. Marquez tinggal meraih satu kemenagan lagi jika ingin menyamai rekor yang dibuat Doohan pada 1997.

Pada musim itu, Doohan finis di posisi terdepan sebanyak 12 kali. Sejak saat itu, belum ada lagi pebalap yang bisa menyamai rekor legenda balap motor asal Australia tersebut.

"Saya sangat senang dengan pole posoition ini. Di sesi latihan bebas pagi ini saya tidak mendapat hasil yang cukup baik, tapi saya bisa menjaga fokus dan konsetrasi sehingga bisa mencapai finis tercepat di Sepang," kata Marquez.

"Saya senang dengan hasil ini, tapi yang terpenting adalah bagaimana menjalani balapan besok. Saya pikir besok akan sangat ketat karena pebalap hebat seperti Pedrosa dan Pedrosa juga sedang mengehjatr kemenangan," ujarnya.

Sepanjang musim ini, Marquez sukses mengemas sembilan kemenangan dari total 12 pole position yang didapatnya sampai GP Australia pekan lalu.

*Laporan Tulus Muliawan dari Malaysia.