Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penalti Makan Konate Buat Persib Nyaris Sama

By Riemantono Harsojo - Kamis, 23 Oktober 2014 | 13:48 WIB
Makan Konate (Fernando Randy-BOLANEWS)

Gelandang Makan Konate menjadi algojo penalti andalan Persib di ISL 2014. Namun, eksekusi penaltinya nyaris selalu sama sehingga bisa saja suatu saat digagalkan kiper.

Pada ISL 2014 Makan Konate sudah mencetak lima gol penalti buat Persib. Empat dari lima gol penalti gelandang asal Mali tersebut dilakukan ke arah yang sama.


Makan Konate sering mengarahkan bola ke sisi kanan kiper. Ia melakukannya dalam empat dari lima gol penalti. Tiga dari empat eksekusi penalti Makan Konate ke sisi kanan kiper itu terarah ke bagian atas gawang. Satu penalti lain adalah tendangan mendatar ke arah sisi kanan kiper.


Satu gol penalti lain Makan Konate diarahkan ke sudut kiri atas. Fakta tersebut menunjukkan bahwa Makan Konate memiliki kecenderungan mengarahkan bola penalti ke bagian sudut atas dan ke bagian sebelah kanan dari kiper.


Ada kebiasaan lain dari Makan Konate saat mengeksekusi penalti. Saat berlari menuju bola untuk ditendang, ia sering tiba-tiba berhenti sejenak untuk melihat pergerakan kiper.


Momen demikian kembali terlihat kala Makan Konate menjebol gawang Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat pada Rabu 22 Oktober. Melihat kiper Jendri Pitoy bergerak ke kiri, Makan Konate pun mengarahkan bola ke sisi kanan atas.

Gol penalti Makan Konate di ISL 2014
vs Persebaya    1-0 (skor akhir 3-1) kanan atas
vs Barito Putera    1-0 (skor akhir 3-1) kanan atas
vs Gresik United    2-0 (skor akhir 4-1) Kanan bawah
vs Persita     2-1 (skor akhir 2-1) kiri atas    
vs Sriwijaya FC    1-0 (skor akhir 1-0) kanan atas