Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

LVG Ingin Man. United Bermain Sepak Bola Atraktif

By Suryo Wahono - Sabtu, 7 Februari 2015 | 07:20 WIB
Louis van Gaal, gaya bermain yang dia inginkan adalah sepak bola atraktif. (Getty Images)

Louis van Gaal menegaskan bahwa dia ingin Manchester United bermain sepak bola atraktif di tengah kritik soal gaya bermain tim. Dia menyatakan bahwa formasi tidak ada hubungannya dengan hal itu.

Pelatih berpengalaman dari Belanda itu sering memakai formasi 3-5-2 musim ini, yang menurutnya mengakomodasi stabilitas defensif, tetapi tetap menyengat di lini depan.

Sejumlah fan United telah menyerukan bahwa Van Gaal sebaiknya kembali ke 4-4-2 berlian, yang juga pernah dipakai dengan memanfaatkan sayap. Namun, LVG menolak kritisi itu. Dia mengatakan formasi tidak ada hubungannya dan dia hanya mau memainkan sepak bola atraktif.

Ditanya tentang formasi tim, Van Gaal menjawab di akun resmi United, "Ini bukan soal bermain dengan atau tanpa tanpa sayap, atau dengan tiga atau empat bek. Ini soal gaya bermain yang atraktif."

Dengan memakai formasi 3-5-2, pemain-pemain seperti Adnan Januzaj dan Ander Herrera harus puas duduk di bangku cadangan musim ini. Namun, Van Gaal menilai bahwa hasil tim adalah pembenaran untuk keputusannya, yang membuat United berada di urutan ketiga klasemen sementara Premier League dan tetap melaju di Piala FA.

Mengingat United menganggap tiket Liga Champion musim depan sangat penting, para pendukung Tim Setan Merah tampaknya tak bakal melihat banyak perubahan formasi sepanjang LVG tetap memberi hasil positif.