Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dikalahkan Uzbek, Thailand Gagal ke Piala Dunia

By Verdi Hendrawan - Jumat, 17 Oktober 2014 | 21:45 WIB
Zabikhilov Urinboev (kanan), pahlawan kemenangan Uzbek atas Thailand. (LatinContent/Getty Images)

19 2014 sebagai juara Grup A, ternyata gagal mengikuti jejak Myanmar yang merupakan runner-up grup. Tim Gajah Putih harus mengakui meunggulan Uzbekistan dengan skor 1-2.

Thailand sebenarnya menguasai pertandingan dan juga memiliki banyak peluang ke gawang Uzbekistan. Namun, tiga tendangan ke gawang Thailand berhasil menjadi dua gol kemenangan negara pecahan Uni Soviet itu.

Uzbekistan berhasil unggul cepat di menit ke-6 melalui gol dari Zabikhillo Urinboev. Striker berusia 19 tahun milik salah satu klub terbaik di Uzbek, Bunyokor, itu berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut pada menit ke-20. Uzbek pun berhasil unggul 2-0 hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Thailand berhasil membalas dengan cepat setelah laga baru berjalan dua menit. Gelandang Chenrop Samphaodi berhasil mencetak gol dan membuka peluang Thailand untuk bisa mengejar ketertinggalan.

Namun hingga akhir pertandingan, gol yang dibutuhkan Thailand tidak kunjung datang, meskipun telah menguasai pertandingan lebih banyak. Hal ini mengantarkan Uzbekistan berhasil menyusul Myanmar, Korea Utara, dan Qatar lolos ke semifinal, sekaligus menjadi wakil Asia untuk Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.