Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Apa Itu Viarregio Cup?

By Verdi Hendrawan - Jumat, 17 Oktober 2014 | 01:18 WIB
Viareggio Cup (Wikipedia)

sebut sebagai salah satu kompetisi junior paling penting dan bergengsi di dunia.

Karena berlabel bergengsi di dunia, para peserta Viareggio Cup ini pun datang dari berbagai negara, meskipun saat ini masih didominasi oleh klub-klub dari Eropa Barat, terutama dari Italia, Eropa Timur, serta benua Amerika.

Namun, di gelaran tahun 2015 mendatang, Viareggio Cup juga akan semakin dimeriahkan oleh kontestan dari zona Asia FIFA. Pro Duta akan menjadi wakil pertama yang datang dari Indonesia. Sebelumnya wakil yang datang dari Asia diwakili oleh Pakhtakor dari Uzbekistan, dan APIA Leichhardt Tigers dari Australia.

Kejuaraan ini digelar setap tahunnya di Provinsi Tuscany, Italia. Kejuaraan ini akan diikuti oleh 32 klub yang dibagi ke dalam delapan grup, namun tidak semua runner-up di bisa loloskan ke babak 16 besar karena akan dipilih empat terbaik.

Kejuaraan ini adalah ajang resmi yang diakui oleh Komite Olimpiade Italia (CONI), Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), UEFA, dan juga FIFA. Turnamen ini juga telah berlangsung sejak 1949 dan hingga edisi ke-65, AC Milan merupakan pemilik gelar juara terbanyak dengan sembilan gelar dan juga juara bertahan tahun 2014 bersama pelatih Filippo Inzaghi.

Selain itu, yang unik dari kompetisi ini adalah bagaimana cara memilih pemain terbaik dari turnamen ini. Pemilihan ini diserahkan kepada para penulis (Tuttosport, Gazzetta dello Sport dan Corriere dello Sport), editor (Il Tirreno dan La Nazione), dan jurnalis lapangan RAI yang mulai diberlakukan pada 2009.

Pemenang gelar pemain terbaik yang terpilih oleh para pewarta sejak 2009 pun memunculkan nama beken yang kini berkiprah di kompetisi sepak bola level tertinggi. Ada Guido Maruglio sebagai pemenang pertama pada 2009, disusul oleh Ciro Immobile, Simone Dell'Agnello, Leonardo Spinazzola, dan Bryan Cristante.

Di ajang ini, kita semua tentu berharap para pemain muda yang berhasil disaring oleh Pro Duta untuk mengikuti ajang ini pada 15 Februari 2015 mendatang. Di harapkan putera-putera Indonesia dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya dan membuat para pencari bakat yang tentu akan berkeliaran di sana bisa meminang mereka untuk bergabung dengan timnya.