Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelita Jaya Energi MP Lewati Hangtuah Sumsel

By Eko Widodo - Kamis, 5 Februari 2015 | 05:52 WIB
Pelita Jaya Energi MP, menang pada laga pertama di Batam. (NBL Indonesia)

Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta mengawali IndiHome NBL Indonesia 2014-2015 Seri V Batam dengan mulus. Setelah menyapu bersih empat laga pada seri sebelumnya di Surabaya, tim polesan Antonius Ferry Rinaldo itu sukses menundukkan Hangtuah Sumsel IM, 73-49, dalam laga yang berlangsung di Hi-Test Arena, Batam, Rabu (4/2).

Sebelum tip-off, big match di hari pertama ini diawali dengan mengheningkan cipta untuk almarhum ayahanda bintang Pelita Jaya kelahiran Batam, Andy  Poedjakesuma.

Hangtuah langsung menggebrak melalui Suhandy, rookie alias pemain debutan yang juga berasal dari Batam. Lewat dua kali 2-point jump shot dan 1 free throw membuat Hangtuah memimpin 5-0. Namun pelahan Pelita Jaya bisa berbalik unggul lewat 2-point jump shot Ponsianus Nyoman Indrawan yang merubah skor menjadi 8-6. Andy Batam Poedjakesuma bisa saja menutup kuarter pertama dengan keunggulan 11-9 lewat 2 kali free throw. Namun tembakan dua angka Andrie Ekayana bertepatan dengan buzzer membuat skor sama kuat 11-11 di akhir kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, Pelita Jaya leluasa mengendalikan permainan. Terbukti 18 poin yang disarangkan Pelita Jaya hanya dibalas 5 poin saja oleh Hangtuah. Dimas Aryo Dewanto membuat Pelita Jaya meninggalkan Hangtuah 15 poin (29-14) lewat 2-point jump shot di sisa 48 detik. Kuarter kedua ditutup dengan skor 29-14 untuk keunggulan Pelita Jaya. Amin Prihantono yang baru masuk di kuarter kedua ini mendulang poin terbanyak bagi Pelita Jaya dengan 7 poin.

Selepas masa halftime, Hangtuah berusaha mengejar defisit poin. Namun Pelita Jaya juga mampu mempertahankan keunggulan mereka. Tembakan tiga angka Amin Prihantono membuat Pelita Jaya melebar dengan keunggulan 16 poin (39-23). Pelita Jaya unggul 55-37, menutup kuarter ketiga.

Pelita Jaya semakin nyaman di kuarter keempat. Three point play Tri Hartanto diakhir kuarter keempat membuat Pelita Jaya unggul 24 poin (73-49) atas Hangtuah.

Penampilan impresif ditunjukkan power forward sekaligus kapten Pelita Jaya Ponsianus Nyoman Indrawan. Dengan minute play 27 menit 2 detik, pemain yang akrab disapa Komink itu sukses mencatatkan double-double dengan 17 poin dan 10 rebound. Selain itu ada Faisal Julius Achmad dengan 10 poin dan 4 rebound, serta Amin Prihantono yang menyumbang 10 poin.