Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Selidiki Real Madrid dalam Beli Pemain Muda

By Verdi Hendrawan - Senin, 26 Januari 2015 | 19:49 WIB
FIFA (SEBASTIEN BOZON/GETTY IMAGES)

FIFA saat ini dikabarkan tengah melakukan penyelidikan atas kegiatan transfer yang dilakukan oleh Real Madrid. Hal ini menyangkut adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan Los Merengues dalam mendatangkan pemain muda, seperti yang dilakukan Barcelona.

Seperti yang dikabarkan oleh AS, Real Madrid saat ini tengah berada di bawah pengawasan FIFA mengenai kemungkinan adanya pelanggaran transfer pemain di bawah usia 18. AS mempercayai hal ini, meskipun dokumen-dokumen terkait yang dimiliki FIFA itu bersifat sangat rahasia.

Menurut AS, FIFA telah meminta semua dokumentasi dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang berkaitan dengan pemain di bawah umur dari klub-klub yang telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Real Madrid mengenai transfer pemain muda.

Perjanjian ini berisi klausul yang menyatakan bahwa para pemain di segala jenjang usia di klub-klub tersebut bisa dimiliki Real Madrid. Hal ini akan membuat terjadinya sebuah monopoli pemain muda yang sangat menguntungkan klub besar seperti Real Madrid.

Meskipun hal ini muncul tidak lama setelah Real Madrid mendatangkan beberapa pemain muda seperti Mink Peteers, Marcos Asensio, dan terutama Martin Odegaard yang baru berusia 16 tahun, namun hal ini tidak ada kaitannya dengan transfer mereka.

Odegaard yang masih berusia di bawah 18 tahun itu transfernya tidak dipermasalahkan, karena bermain bersama Real Madrid Castilla yang kini berlaga di Divisi Segunda B. Transfer ini akan bermasalah jika tim Castilla bermain di Segunda A yang berada di bawah pengawasan penyelenggara Liga Spanyol, LFP.

Hal ini juga pernah dilakukan oleh Barcelona yang telah melanggar aturan transfer pemain muda antara 2009 dan 2013 dan membuat mereka menerima sanksi larangan membeli pemain di dua bursa transfer. Jika Real Madrid juga terbukti bersalah, maka hal yang sama juga bisa menimpa tim arahan Carlo Ancelotti itu.