Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Miliader Rusia Utangi RFU buat Bayar Fabio Capello

By Aning Jati - Jumat, 6 Februari 2015 | 19:21 WIB
Alisher Usmanov memberikan pinjaman lunak ke RFU. (Sasha Mordovets/Getty Images)

Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) beberapa waktu lalu dikabarkan akan menggunakan dana bantuan FIFA untuk membayar tunggakan gaji Fabio Capello dan Oreste Cinquini.

Namun, baru-baru ini seorang miliader Rusia, Alisher Usmanov, mengungkapkan ia telah menyetujui permintaan pinjaman lunak yang diajukan RFU kepadanya.

Dana pinjaman itu diklaim RFU juga digunakan membayar tunggakan Capello dan Cinquini!

"Saya berbagi keprihatinan dengan Menteri Olah Raga Rusia mengenai Fabio Capello, pelatih kepala timnas. Saya merasa situasi ini terjadi karena kepemimpinan RFU saat ini yang tidak becus. Sangat memalukan ketika seseorang telah bekerja untuk Rusia dan tidak dibayar. Saya memandang perlu ikut campur tangan. Seperti yang saya tahu, RFU berutang 400 juta rubel (sekitar 5,9 juta dolar AS setara Rp74,26 miliar) kepada Capello. Saya telah memberikan pinjaman lunak kepada RFU, yang hanya boleh dipergunakan untuk membayar utang ke Capello," kata Usmanov dalam siaran pers yang dikutip kantor berita Itar-Tass.

Usmanov, pemegang saham terbesar kedua di Arsenal, juga merupakan salah satu anggota pengawas panitia penyelenggara Piala Dunia 2018.

RFU diketahui memiliki tunggakan gaji kepada Capello, juga Cinquini yang berstatus manajer tim, sejak Juni 2014. Capello menjabat pelatih kepala timnas Rusia sejak musim panas 2012. Pada Januari 2014 kontrak pelatih asal Italia itu diperpanjang hingga 2018.