Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol Sigurdsson Membuat Belanda Takluk

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 14 Oktober 2014 | 03:44 WIB
Gylfi Sigurdsson (Getty Images)

Islandia secara mengejutkan sukses menaklukkan semifinalis Piala Dunia 2014, Belanda, Selasa (14/10) dini hari WIB. Dua gol kemenangan yang dicetak Gylfi Sigurdsson di pertandingan ini mengantarkan Islandia untuk sementara menempati puncak klasemen sementara Grup A kualifikasi Euro 2016.

Walau bermain sebagai tim tamu Belanda lebih diunggulkan memetik kemenangan atas Islandia. Akan tetapi, tim tuan rumah berhasil memperlihatkan permainan impresif dan memberikan perlawanan bagus.

Hasilnya, saat pertandingan baru berlangsung sembilan menit Islandia berhasil membuka keunggulan 1-0. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Stefan de Vrij terhadap Bjarnasons di dalam kotak terlarang, Islandia mendapatkan hadiah tendangan penalti. Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor dengan tenang membobol gawang Jasper Cillessen.

Sigurdsson benar-benar menjadi momok bagi Belanda di pertandingan ini. Empat menit sebelum laga berakhir ia kembali berhasil mencetak gol.

Berawal dari sepak pojok, terjadi perebutan bola liar di depan gawang Tim Oranye dan Sigurdsson yang berhasil mendapatkan bola langsung melepaskan sepakan keras dari jarak dekat. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Islandia 2-0.

Babak kedua

 Tertinggal 0-2 membuat Belanda berusaha meningkatkan intensitas serangan sejak awal paruh kedua. Arjen Robben dan Robin van Persie cs. terus menggecarkan serangan.

Sejumlah peluang bagus didapatkan Belanda di sepanjang babak kedua. Akan tetapi, hingga laga berakhir Belanda tetap tidak sanggup mencetak gol balasan sehingga kemenangan menjadi milik Islandia.

Kemenangan tersebut mengantarkan Islandia naik ke puncak klasemen sementara Grup A setelah memetik tiga kemenangan dari tiga pertandingan. Sementara itu, Belanda berada di posisi ketiga karena baru mengemas tiga poin.