Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PBR, Antara Jalak Harupat atau jadi Tim Musafir

By Ade Jayadireja - Sabtu, 24 Januari 2015 | 16:00 WIB
Pelita Bandung Raya (Fernando Randy/Bolanews)

Pelita Bandung Raya (PBR) terus melakukan pencarian stadion sebagai homebase untuk kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2015 nanti, setelah Stadion Siliwangi Bandung tidak lolos verifikasi oleh PT Liga Indonesia.

Manajemen PBR sendiri tetap berharap bisa mendapat Stadion yang ada di Bandung atau wilayah Jawa Barat. Perwakilan PBR, Ricki Sengkona mengaku, pihaknya saat ini baru melakukan survey ke Stadion yang ada di Purwakarta. Dan rencananya, juga akan melakukan survey ke Stadion Galuh, Ciamis, Stadion yang ada di Kuningan, dan Stadion
Singaperbangsa, Karawang yang dulu sempat menjadi homebase Pelita Jaya.

"Kami juga akan melihat stadion yang ada di Bekasi, yang pernah dipakai untuk Porda kemarin. Nanti akan kami kumpulkan hasil surveynya lalu akan diberikan ke PT liga kira-kira stadion yang mana yang memenuhi persyaratan," ujar Ricki kepada BOLANEWS, Sabtu (24/1).

Namun jika semua stadion yang diajukannya menemui hal yang sama seperti Stadion Siliwangi Bandung dari hasil verifikasi PT LI, maka mau tidak mau kata Ricki, tim berjulukan The Boys Are Back itu harus kembali ke Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Hanya saja dari sisi keuntungan, tidak bisa diharapkan, Stadion Si Jalak Harupat sangat jauh dan biaya sewa cukup mahal. Terlebih kata dia, PBR belum memiliki suporter fanatik seperti Persib atau tim lainnya seperti Arema dan Persija.

"Awalnya kami ingin Stadion Siliwangi itu agar lebih dekat ke warga Bandung dan biayanya pun lebih murah dibanding Jalak Harupat. Tapi karena keputusan PT Liga tidak bisa, ya terpaksa kami cari stadion alternatif," ujarnya.

Ricki berharap, dari beberapa stadion di wilayah Jawa Barat, salah satunya bisa lolos dari verifikasi. Ia pun menegaskan bila mendapat stadion di luar Bandung tapi masih wilayah Jawa Barat, nama "Pelita Bandung Raya" tidak akan berubah.

PT LI sendiri sambung Ricki memberikan waktu sampai satu hari jelang kickoff kompetisi LSI 2015 yang akan bergulir pada medio Februari nanti.

Sebelumnya manajemen PBR pun akan mengajukan Stadion Sport Arcamanik, Bandung, namun Stadion tersebut tidak diperbolehkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat karena memang perencanaan awalnya untuk persiapan PON XIX 2016 nanti dimana Jawa Barat sebagai tuan rumahnya. Jika PON sudah selesai, Stadion Arcamanik bisa digunakan umum dan bisa disewakan untuk tim-tim sekelas PBR atau Persib.