Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekor, Baru Main 29 Detik sudah dapat Kartu Merah

By Riemantono Harsojo - Rabu, 4 Februari 2015 | 14:29 WIB
Kevin Blom memberikan kartu merah kepada bek kiri PSV, Jetro Willems (15). (Getty Images)

Rekor baru tercipta di Liga Belanda. Bek PSV Eindhoven, Jetro Willems, menjadi pemain yang paling cepat mendapat kartu merah dalam sebuah laga.

Dalam pertandingan lanjutan Liga Belanda, Selasa 3 Februari 2015, Jetro Willems diusir wasit Kevin Blom saat laga NAC kontra PSV baru berjalan 29 detik!


Jetro Willems dianggap melakukan pelanggaran berat saat meluncur untuk mencoba merebut bola yang berada dalam jangkauan penguasaan pemain NAC, Gill Swerts.


Akan tetapi, dalam tayang ulang terlihat bahwa kedua kaki Jetro Willems sama sekali tidak mengenai kaki Gill Swerts. Meski diprotes, wasit Kevin Blom tetap mengusir bek kiri Belanda di Piala Eropa 2012 itu.


Setelah pertandingan, wasit Kevin Blom mengakui kesalahannya.


"Saya berada di belakang dan melihat dengan intensitas tinggi Willems menerjang Swerts sehingga sampai terjatuh. Saya tidak ragu. Itu kartu merah. Saya melihat Swerts kesakitan, namun beberapa saat kemudian dia kembali ke lapangan," kata Kevin Blom.


"Seharusnya saya tidak memberi kartu merah," lanjut Blom. "Saya salah. Saya juga merasa Swerts sangat tidak profesional.


Meski hanya bermain dengan 10 pemain, PSV tetap mampu menang 2-0 dan memantapkan posisi di puncak klasemen Liga Belanda.