Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kostum Paling Laris di Dunia (1)

By Suryo Wahono - Jumat, 23 Januari 2015 | 09:07 WIB
Kostum Real Madrid menduduki peringkat paling atas sebagai kostum paling banyak dibeli fan. (Purely Football)

Pendapatan sebuah klub datang dari berbagai sumber. Hak siar serta tiket pertandingan diyakini jadi penyumbang terbesar pemasukkan tersebut

Namun, ada satu sumber lain yang kerap diremehkan, padahal ikut berkontribusi mendatangkan pundi-pundi uang untuk klub. Sumber itu adalah jersey atau kostum tim.

Jutaan fan yang tersebar di segenap penjuru dunia serta memiliki kebiasaan membeli jersey (asli) untuk mengungkapkan kecintaan dan dukungan buat klub kesayangan, tak bisa dimungkiri menjadikan penjualan jersey ini ikut menyumbang miliaran rupiah ke klub.

Berikut 10 jersey paling laris di dunia versi Purely Football:

5. Bayern Muenchen (880 ribu per tahun)
Desain dan motif jersey Muenchen mengalami perubahan tetapi Die Rotten setia dengan Adidas yang memproduksi jersey mereka selama 50 tahun terakhir. Selama ini warna merah senantiasa mendominasi kostum Muenchen, hanya dikombinasikan dengan warna biru atau putih.

Adidas termasuk salah satu stakeholder di Muenchen sejak 2002 ketika perusahaan apparel ini membeli 9,4 persen saham klub. Pada 2012 Adidas menandatangani kontrak kerja sama untuk kembali memproduksi jersey Muenchen hingga delapan tahun ke depan. Per tahun Muenchen mendapatkan 20 juta pound dari kerja sama itu.

4. Chelsea (910 ribu penjualan per tahun)
Tak hanya memproduksi jersey Chelsea, Adidas konon dikabarkan juga ikut membantu The Blues mendatangkan pemain-pemain bintang ke Stamford Bridge. Adidas menjalin kontrak dengan Chelsea hingga 2018 dan mendatangkan pendapatan 20 juta pound per tahun ke klub.

3. Barcelona (1,150 juta penjualan per tahun)
Jersey Barcelona begitu populer di dunia lantaran dipakai pemain-pemain top penghuni Camp Nou. Nike, produsen kostum Barca, menandatangani perpanjangan kontrak dengan klub Catalan ini pada 2008, berdurasi 10 tahun, dengan nilai sebesar 30 juta pound per tahun.

2. Manchester United (1,4 juta penjualan per tahun)
Saat ini jersey Iblis Merah diproduksi Nike. Namun, mulai musim depan Adidas akan jadi perodusen kostum United. Nilai kontrak dengan Adidas diyakini akan jadi yang termahal di dunia lantaran Adidas menggelontor United dengan 75 juta pound per tahun!

1. Real Madrid (1,4 juta pound per tahun)
Kostum tim terkaya versi Deloitte ini diproduksi oleh Adidas. Kerja sama Los Blancos dengan Adidas masih tersisa enam tahun dengan nilai kontrak 35 juta pound per tahun. Adidas juga dikabarkan ikut membantu Madrid mendatangkan pemain seperti Gareth Bale dan Jamie Rodriguez, yang merupakan bintang Adidas.