Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kostum Paling Laris di Dunia (2)

By Aning Jati - Jumat, 23 Januari 2015 | 08:03 WIB
Kostum Arsenal termasuk salah satu yang laris diburu fan di seluruh dunia. (Purely Football)

Pendapatan sebuah klub datang dari berbagai sumber. Hak siar serta tiket pertandingan diyakini jadi penyumbang terbesar pemasukkan tersebut.

Namun, ada satu sumber lain yang kerap diremehkan, padahal ikut berkontribusi mendatangkan pundi-pundi uang untuk klub. Sumber itu adalah jersey atau kostum tim.

Jutaan fan yang tersebar di segenap penjuru dunia serta memiliki kebiasaan membeli jersey (asli) untuk mengungkapkan kecintaan dan dukungan buat klub kesayangan, tak bisa dimungkiri menjadikan penjualan jersey ini ikut menyumbang miliaran rupiah ke klub.

Berikut 10 jersey yang paling laris di dunia versi Purely Football:

10. AC Milan (350 ribu penjualan tiap tahun)
Motif garis-garis yang terdapat di jersey Rossoneri membuat jersey AC Milan jadi salah satu yang paling ikonik. Motif garis ini sudah ada di jersey sejak klub didirikan pada 1899. Saat ini Milan sudah menjalani lima dari 10 tahun kontrak kerja sama dengan Adidas, yang konon bernilai 10 juta pound.

9. Inter Milan (425 ribu penjualan per tahun)
Soal penjualan kostum, Inter Milan sedikit lebih unggul dari saudara satu kota, AC Milan. Jersey Internazionale, dengan kombinasi strip hitam-biru ini diproduksi oleh Nike sejak 1998. Kerja sama dengan Nike diperbaharui untuk 10 tahun ke depan pada 2013 dan dilaporkan dengan nilai sebesar 120 juta pound.

8. Juventus (480 ribu penjualan per tahun)
Tak diragukan lagi, selain mendominasi Serie A, Juventus juga unggul dalam hal penjualan kostum dibandingkan klub Serie A lainnya. Juve berdiri pada 1878, namun kostum dengan motif strip hitam-putih baru diperkenalkan sejak 1903, tepatnya setelah terinspirasi kostum Notts County. Jersey awal yang berwarna pink pun ditinggalkan. Tahun ini menjadi musim terakhir jersey Juventus diproduksi Nike karena pada 2016 Adidas akan menggantikan Nike. Kerja sama anyar dengan Adidas dikabarkan mencapai 20 juta pound per tahun.

7. Arsenal (800 ribu penjualan per tahun)
Arsenal telah mengenakan kostum merah dengan lengan putih sejak klub berdiri pada 1886. Mulai musim 204/15 mereka mengakhiri kontrak panjang dengan Nike dan beralih dengan Puma, yang nilainya mencapai 30 juta pound per tahun.

6. Liverpool (810 ribu penjualan per tahun)
Salah satu klub Inggris yang punya basis fan kuat di penjuru dunia. Liverpool tak pernah jauh dari ikon warna merah untuk jersey mereka. Baru-baru ini The Reds meninggalkan produsen lama mereka dan beralih ke Warrior/New Balance dalam sebuah kerja sama bernilai 30 juta pound per tahun.