Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

9 Transfer Terbaik Januari Sebelum Penutupan

By Suryo Wahono - Senin, 2 Februari 2015 | 20:19 WIB
Luis Suarez (Getty Images)

transfer besar. Begitu juga di Premier League, setidaknya dalam sejarah ada sembilan transfer besar yang dituntaskan pada hari terakhir sebelum bursa transfer resmi ditutup.

1. Luis Suarez (Dari Ajax Amsterdam ke Liverpool, 2011)

Liverpool hanya membutuhkan 22,8 juta pound untuk bisa mendapatkan tanda tangan Luis Suarez dari Ajax Amsterdam. Harga tersebut tergolong murah mengingat besarnya kontribusi Suarez untuk The Reds.

Padahal di saat yang hampir bersamaan Liverpool juga mendatangkan striker lain, Andy Carrol dengan biaya 35 juta pound. Namun, pembelian tersebut justru sangat tidak menguntungkan kubu Anfield karena Carroll kesulitan untuk bisa bersinar.

Di Liverpool, Suarez menjelma sebagai bomber paling menakutkan di Premier League. Juga salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki The Reds.

Namun, perilaku Suarez kerap menjadi kontroversi. Mulai dari aksi pura-pura jatuh hingga menggigit lengan dan bahu pemain lawan membuat Liverpool akhirnya memutuskan menjualnya. Liverpool mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat saat menjual Suarez ke Barcelona pada 2014 dengan banderol sebesar 75 juta pound. Selama di Anfield, bomber asal Uruguay ini telah mengoleksi 82 gol dari 133 penampilan.