Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Dokumen Bukti Harga Neymar yang Sesungguhnya

By Verdi Hendrawan - Selasa, 3 Februari 2015 | 20:15 WIB
Neymar Junior (tengah), harga transfer sesungguhnya masih dipertanyakan. (JOSEP LAGO/GETTY IMAGES)

Sebuah dokumen yang mengungkapkan total biaya sesungguhnya dari transfer Neymar Junior dari Santos ke Barcelona pada awal musim 2013/14 terungkap. Transfer bintang timnas Brasil itu sebenarnya sebesar 94,8 juta euro.

Hal ini diungkapkan oleh seorang wartawan Radio Catalunya, Albert Calatrava, yang ia unggah ke akun Twitter-nya, @albertcalatrava. Penggelapan harga Neymar Junior ini dipercaya dilakukan oleh Barcelona untuk menghindari pajak tinggi yang harus dibayarkan klub.

Dokumen ini dikeluarkan oleh Jaksa Jose Perals yang telah mendalami kasus ini. Di dalam dokumen ini menunjukkan jumlah yang telah dibayarkan sebesar 82,7 juta euro dan jumlah yang belum dibayar oleh klub (12,1 juta euro).

Sebelumnya, Presiden Barcelona yang masih menjabat pada saat transfer Neymar itu terjadi, Sandro Rosell, mengumumkan bahwa transfer tersebut senilai 57,1 juta euro. Namun, menyusul adanya penyelidikan mengenai transfer ini membuat Rosell mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh Wakil Presiden Josep Maria Bartomeu.

Setelah menjabat, Bartomeu kembali mengumumkan bahwa harga Neymar sebenarnya adalah 86,2 juta euro. Namun dengan adanya bukti ini, hal tersebut kembali terbantahkan.