Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gara-gara Twitter, Robert Huth Disanksi Dua Laga

By Zulfirdaus Harahap - Sabtu, 31 Januari 2015 | 01:48 WIB
Robert Huth (Christopher Lee/Getty Images)

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) menjatuhkan sanksi dua larang pertandingan kepada Robert Huth. Bek Stoke City itu dianggap melanggar aturan FA terkait komentarnya di media sosial Twitter.

Sebelumnya, Robert Huth berkomentar dalam game atau permainan di akun Twitter yang memuat gambar seseorang. Followersnya diminta untuk menebak jenis kelamin orang tersebut.

FA menilai bahwa kasus ini melanggar aturan yang berkaitkan dengan komentar tidak senonoh, tidak benar, atau mengarah ke dalam sebuah penghinaan. Oleh sebab itu, Huth diberi sanksi dua larangan pertandingan dan diperintahkan untuk membayar denda sebesar 15 ribu pound.

"Robert Huth akan menerima dua sanksi larangan pertandingan dengan segera setelah ia mengakui telah melanggar aturan FA terkait dengan komentarnya yang dibuat di media sosial," bunyi sebuah pernyataan FA.

"Bek Stoke City itu didakwa sehubungan dengan komentar tidak senonoh dan atau tidak benar, dan atau membawa dalam kehinaan, bertentagan dengan aturan FA nomor E3 ayat 1," lanjut pernyataan itu.

"Dugaan lebih lanjut adalah pelanggaran peraturan E3 (1) dan diperparah dengan aturan yang terkait dalam aturan E3 (2), termasuk yang berkiatan dengan jenis kelamin dan/atau pergantian kelamin," jelas pernyataan tersebut.