Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tekuk Arab, Uzbekistan Temani Tiongkok ke 8 Besar

By Verdi Hendrawan - Minggu, 18 Januari 2015 | 19:00 WIB
Sardor Rashidov (kiri), pahlawan kemenangan Uzbekistan atas Arab Saudi. (Robert Cianflone/Getty Images)

1. Hasil tersebut membuat tim berjuluk Oq Bo'rilar yang artinya Serigala Putih itu berhasil lolos ke babak perempat final.

Uzbekistan berhasil membuka keunggulan mereka pada menit ke-2 melalui gol dari gelandang Sardor Rashidov. Sepakan datar dari sudut sempitnya tidak mampu dibendung kiper Waleed Abdullah. Namun, gol cepat tersebut merupakans atu-satunya yang terjadi di babak pertama.

Di babak kedua, Arab Saudi berhasil mengembalikan skor menjadi imbang melalui eksekusi penalti Mohammad Al Sahlawi di menit ke-60. Namun di menit ke-70, Uzbek berhasil kembali unggul melalui tandukkan Vokhid Shodiev memanfaatkan umpan lambung Shavkat Mulladjanov.

Di menit ke-79, Uzbekistan berhasil menyudahi perlawanan Arab Saudi melalui gol kedua Rashidov melalui skema serangan balik. Gelandang Bundyokor itu menerima umpan datar dari Jasur Hasanov untuk menaklukkan kiper lawan dengan mudah.

Kedudukan 3-1 ini bertahan hingga akhir laga dan membawa Uzbekistan lolos ke babak delapan besar. Tim arahan Vadim Abramov itu tampil sebagai runner-up Grup B dan berhak menemani Tiongkok sebagai juara grup.

Tiongkok sendiri di pertandingan terakhir Grup B berhasil mengalahkan Korea Utara dengan skor 2-1. Kemenangan Tim Naga lahir berkat dua gol Ke Sun di menit ke-1 dan 42 yang hanya mampu dibalas satu melalui gol bunuh diri Gao Lin pada menit ke-56.