Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ronaldo Terkena Kutukan Pemain Terbaik Dunia?

By Aning Jati - Sabtu, 31 Januari 2015 | 07:32 WIB
Cristiano Ronaldo dinilai mengalami penurunan penampilan setelah menerima Ballon d'Or. (Lars Baron/Getty Images.)

Kabar mengejutkan datang dari Cristiano Ronaldo. Megabintang Real Madrid dan Portugal itu dikabarkan terkena kutukan Ballon d'Or!

Kabar itu bukan datang begitu saja namun dengan mencermati kiprah Ronaldo sejak menerima penghargaan Ballon d'Or pada 12 Januari lalu. Seperti diketahui, CR-7 saat ini sedang menjalani hukuman larangan bermain dalam dua pertandingan setelah mendapat kartu merah akibat menendang kaki bek Cordoba asal Brasil, Edimar Fraga.

Ada berbagai hal, teknis dan nonteknis, yang diduga jadi penyebab aksi tak terkontrol Ronaldo di laga itu. Yang jelas, sebelum kartu merah dikeluarkan untuknya, Ronaldo berstatus jomblo setelah putus dari Irina Shayk, kekasihnya selama lima tahun terakhir.

Kendati tak ada pernyataan resmi kapan Ronaldo dan sang mantan putus, publik mengetahui putusnya dua sejoli itu tak lama setelah Ronaldo menerima penghargaan Ballon d'Or 2014.

Clarin menuliskan penurunan performa Ronaldo saat ini nyaris sama seperti yang terjadi tak lama setelah pengguna nomor punggung 7 itu menerima penghargaan FIFA World Player of the Year pada 2008. Ketika itu, Ronaldo tampil gemilang bersama Manchester United.

Namun, sesudah menerima penghargaan sejumlah statistik memperlihatkan performa Ronaldo menurun. Sebelum menerima penghargaan Clarin melaporkan rasio gol Ronaldo mencapai 0,53 per pertandingan, tapi menurun ke angka 0,17 tak lama setelah menerima penghargaan.

Nah, penurunan performa Ronaldo juga terjadi setelah memenangi Ballon d'Or 2013. Ketika itu Ronaldo menerima penghargaan dengan rasio gol 1,21 per pertandingan. Namun, sebulan kemudian rasio golnya tinggal 0,63 per pertandingan.

Jadi, bagaimana menurut Anda, apakah Ronaldo benar terkena kutukan pemain terbaik dunia?