Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Man. United Ancam Fan Beli Tiket Laga vs Cambridge

By Suryo Wahono - Jumat, 30 Januari 2015 | 06:29 WIB
Pendukung Manchester United, ribuan kursi bisa kosong bila kebijakan tiket kurang bijak. (Getty Images)

Manchester United hari Rabu (28/1) waktu setempat telah mengumumkan kepada para pemegang tiket musiman (9.000 orang) bahwa mereka wajib membeli tiket Piala partai ulangan melawan Cambridge United atau mereka tidak akan diizinkan menonton pertandingan kandang melawan Sunderland pada 28 Februari mendatang.

Dalam surat resmi klub kepada pemegang tiket musiman, mereka menyatakan: "Batas waktu untuk membeli tiket untuk Cambridge United adalah 08:00 malam ini. Harap dicatat bahwa tidak membeli tiket ini akan berakibat tiket terusan Anda ditutup untuk pertandingan melawan Sunderland."

Kebijakan mengejutkan United ini kontan menuai kritik dari para fan. Banyak di antara mereka yang memang tak dapat hadir menonton pertandingan melawan Cambridge, baik karena pekerjaan atau komitmen pribadi lainnya. Salah satu fan yang tak mau disebutkan identitasnya, memberi komentar yang dikutip The Guardian, "Mereka mengancam laga melawan Sunderland. Saya, seperti banyak orang lain, tidak dapat menghadiri laga ulangan debgab pemberitahuan singkat seperti ini karena komitmen kerja."

Dari 9.000 surat yang disampaikan, sebagian besar punya jawaban serupa.

"Saya baru saja menelepon klub untuk melampiaskan dan mereka mengatakan 9.000 fans dalam situasi ini. Saya bilang kepada mereka, itu persentase cukup tinggi dan itu menunjukkan sistem tidak bekerja," kata yang lain.

Pengumuman dadakan ini bisa berdampak buruk bagi United mengingat mereka boleh jadi kehilangan ribuan penonton setia saat melawan Cambridge di kandang.

Kebijakan klub mensyaratkan bahwa para pendukung yang pemegang tiket musim (55.000 orang) harus membeli tiket untuk pertandingan Piala FA dan Liga Champion. Mereka dapat memilih tidak memasukkan Piala Liga, sementara penggemar di bawah usia 16 tahun dapat memilih paket tanpa Piala FA sekaligus Piala Liga.

Namun, pihak klub kabarnya membolehkan pemegang tiket untuk memakai 'joki' selama mereka dapat menjamin perilaku si penonton penggantinya.