Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dortmund Hanya Ingin Selamat

By Anggun Pratama - Rabu, 28 Januari 2015 | 14:28 WIB
Juergen Klopp (Stuart Franklin/DFL via Getty Images)

Menjelang bergulirnya putaran kedua Bundesliga 2014/15 pada akhir pekan ini, Borussia Dortmund dihadapkan dengan tugas maha berat.

Dortmund, juara Bundesliga delapan kali itu punya kewajiban buat segera keluar dari zona degradasi. Saat ini, pasukan Juergen Klopp berada di dasar klasemen bersama dengan Freiburg dengan koleksi hanya 15 poin.

Dari 17 laga pertama musim ini, Dortmund kalah 10 kali. Bila masih mengejar gelar juara, jarak dengan Muenchen di puncak adalah 30 angka!

Namun, beban mereka buat finis di peringkat empat, titik terakhir buat mendapatkan tiket ke Liga Champion 2015/16 lebih ringan. Saat ini Dortmund terpisah 12 angka dari Borussia Muenchengladbach, Schalke, dan Augsburg, yang sama-sama mengumpulkan 27 poin.

Walau begitu, Klopp dihadang sejarah. Tak ada satu pun tim yang sanggup lompat lebih dari 10 titik dari awal putaran kedua hingga kompetisi kelar.

Hanya Hamburg dan Schalke yang bisa melakukannya. Keduanya mencuat dari peringkat 17 ke posisi 7 pada musim 1968/69 dan 2006/07.

Bisakah Dortmund memecahkan sejarah itu?

Pelatih Klopp tak muluk-muluk. Ia menjaga ekspektasi timnya tetap rendah dengan menargetkan lolos dari zona degradasi.

"Posisi awal kami sekarang sangat jelas. Kami empat poin di belakang posisi yang kami inginkan di akhir musim ini," ujarnya seperti dikutip ESPN FC.