Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Persie Belum Mau Pensiun dari Timnas Belanda

By Indra Citra Sena - Kamis, 11 September 2014 | 21:44 WIB
Robin van Persie, masih ingin memperkuat Belanda hingga Piala Dunia 2018. (Vanderlei Almeida/AFP)

Piala Dunia 2014 menjadi ajang penutupan karier internasional sejumlah pemain senior di berbagai negara, seperti Philip Lahm, Per Mertesacker, Miroslav Klose (Jerman), Xavi Hernandez, Xabi Alonso (Spanyol), Steven Gerrard, Frank Lampard (Inggris), hingga Didier Drogba (Pantai Gading).

Rata-rata dari mereka memilih pensiun karena usia yang telah melewati kepala tiga serta ingin menciptakan regenerasi di tubuh timnas masing-masing. Fenomena gantung sepatu ini hampir saja menular pada penyerang tim nasional Belanda, Robin van Persie.

Dia diisukan segera memutuskan mundur dari Tim Oranye lantaran kerap dihantam cedera belakangan ini. Selama dua musim terakhir, Van Persie mengalami beragam cedera yang membuatnya sering absen memperkuat Manchester United di level klub.

Pada November 2013, dia mendapati masalah pada pangkal pahanya. Sebulan berselang, pemain berusia 31 tahun itu menderita cedera hamstring. Yang terbaru, Van Persie mengalami cedera lutut di pengujung musim 2013/14.

"Saya tak tahu dari mana asal rumor tersebut (pensiun). Sejujurnya, saya masih punya ambisi memperkuat timnas di Piala Dunia 2018. Saya akan melakukan apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan ambisi saya," kata Van Persie seperti dilansir Fox Sports.

"Selama ini saya selalu berhasil memenuhi segala target yang saya canangkan. Di Piala Dunia 2018 mendatang, usia saya telah mencapai 35 tahun. Saya pikir kemampuan saya masih mumpuni buat timnas," ujar dia.