Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mayoritas Pemilih Ronaldo Datang dari Inggris

By Tulus Muliawan - Rabu, 14 Januari 2015 | 14:30 WIB
Cristiano Ronaldo, pemain terbaik dunia 2014. (Alexander Hassenstein/Getty Images)

Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar Ballon d'Or ketiga dalam kariernya pada Senin (12/1). Ronaldo terpilih sebagai pesepak bola terbaik sejagad dengan mengalahkan Lionel Messi dan Manuel Neuer.

Berdasarkan hasil voting yang didapat, Ronaldo unggul jauh dari Messi dan Neuer. Ronaldo mendapat 37,66 persen suara. Messi hanya mendapatkan 15,76 persen dan Neuer 15,72%.

Uniknya, mayoritas suara yang datang untuk Ronaldo datang dari Inggris. Ronaldo mendapatkan 42% suara dari Inggris, sedangkan Neuer meraih 9%. Tak ada suara untuk Messi dari Inggris.

Ronaldo mendapatkan 42% suara dari Inggris, sedangkan Neuer meraih 9%. Tak ada suara untuk Messi dari Inggris, nama Gareth Bale justru mencuat dengan 16% suara.

Untuk level Eropa, presentase Ronaldo juga jauh lebih besar dari kedua rivalnya. Ronaldo mengumpulkan 40%, Neuer meraih 21%. Messi kembali tidak mendapat suara.

Dari Amerika Selatan, yang merupakan tanah kelahiran Messi, Ronaldo kembali memimpin atas Messi dan Neuer. CR7 mengoleksi 31% sedangkan Messi 16%.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan suara dari pelatih dan kapten tim nasional, serta wartawan terpilih dari seluruh dunia. Pemilihan dilakukan dalam sistem voting.

Dalam sistem voting ini, setiap pelatih memiliki tiga suara. Suara untuk pilihan pertama bernilai lima poin, tiga poin (pilihan kedua) dan satu poin (pilihan ketiga).