Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Persipura Melempem di Pramusim

By Aning Jati - Senin, 26 Januari 2015 | 22:07 WIB
Imanuel Wanggai dkk, belum melakukan persiapan secara optimal. (Herka Yanis/Bolanews)

Di luar dugaan, Persipura justru gagal tampil solid di ajang turnamen pramusim, Piala Surya Citra Media (SCM) 2015. Pelatih Osvaldo Lessa mengungkapkan bahwa hasil buruk tersebut disebabkan minimnya masa persiapan Imanuel Wanggai cs.

Meski secara resmi telah merilis skuat inti mereka di Liga Super Indonesia 2015 pada awal bulan Januari 2015, skuat Mutiara Hitam justru baru menggelar masa pemusatan latihan setelah acara peluncuran tersebut. Akibatnya, Boaz Solossa dkk. terjun ke Piala SCM dengan persiapan yang sangat minim.

"Bisa dibilang, persiapan para pemain hanya dalam hitungan hari. Tak sampai dua pekan berkumpul, lalu kami tampil di Piala SCM," ujar pelatih Persipura, Osvaldo Lessa.

Mantan asisten pelatih yang kini menggantikan Jacksen Tiago sebagai pelatih kepala skuat Mutiara Hitam tersebut tetap mengaku puas meski pada akhirnya mereka harus gugur di fase grup B Piala SCM.

"Jika dihitung, kami baru 17 hari bersama-sama saat tampil menghadapi laga terakhir grup kontra Arema. Jika berkaca pada kondisi tersebut, saya tetap mengapresiasi penampilan para pemain yang tak pantang menyerah," ujar Osvaldo.

Pada perhelatan Piala SCM, Persipura menelan dua kekalahan dari Persela (0-1) dan Arema (1-4), serta hanya meraih satu kemenangan atas Mitra Kukar (4-1). Hasil-hasil tersebut membuat langkah Imanuel Wanggai dkk. mentok di fase grup.