Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol De Jong Loloskan Milan ke Perempatfinal

By Ade Jayadireja - Rabu, 14 Januari 2015 | 04:56 WIB
Nigel De Jong (Getty Images)

1 dan melaju ke fase selanjutnya.

Milan tampak kesulitan dalam mengatasi permainan Sassuolo di awal laga. Empat pemain belakang dengan dukungan dua jangkar di tengah membuat mereka hanya mampu memainkan bola-bola pendek.

Namun, pelan-pelan Milan mampu menguasai alur pertandingan. Di menit ke-16, Stephan El Sharawy menebar ancaman dengan melakukan sebuah pergerakan di sisi kiri dan kemudian melepaskan tembakan, tapi bola masih bisa diblok.

Alessio Cerci dan Giacomo Bonaventura secara bergantian ikut mengancam pertahanan Sassuolo. Namun, tak ada satu pun yang menghasilkan gol.

Giampaolo Pazzini mengakhiri kebuntuan Milan. Di menit ke-38, eks pilar Internazionale itu berhasil menggetarkan gawang Sassuolo dengan sebuah sepakan voli terbang.

Bek Sassuolo, Sime Versaljko, berhasil membobol gawang Milan melalui sebuah tandukan di masa injury time, tapi wasit menganulir gol tersebut karena dianggap berbau offside. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Masuk babak kedua, Sassulo coba mengambil inisiatif serangan. Namun, mereka kesulitan untuk membongkar pertahanan Milan.

Berkah bagi Sassuolo datang di menit ke-63. Wasit memberi hadiah penalti setelah Pavoletti dijatuhkan oleh Cristian Zapata di dalam kotak terlarang. Sang eksekutor, Nicola Sansone, menceploskan bola dengan tenang ke tengah gawang Abbiati. Skor kembali imbang 1-1.

Menolak imbang, Milan mengencangkan serangan. Skuat asuhan Fillipo Inzaghi coba menekan melalui berbagai sisi lapangan.

Serangan bertubi-tubi I Rossoneri membuahkan gol di menit ke-86. Berawal dari sebuah kemelut, Nigel de Jong berhasil menaklukkan kiper Consigli dengan tendangan keras setelah menerima bola rebound di mulut gawang. Milan kembali unggul 2-1.

Tak ada gol tambahan yang terjadi hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Milan berhak melaju ke perempat final.

AC Milan: Abbiati; Abate, Alex, Zapata, De Sciglio; Poli, De Jong, Bonaventura; Cerci, Pazzini, El Shaarawy

Sassuolo: Andrea Consigli, Alessandro Longhi, Luca Antei, Sime Vrsaljko, Paolo Cannavaro, Raman Chibsah, Simone Missiroli, Davide Biondini, Leonardo Pavoletti, Nicola Sansone, Sergio Floccari