Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Hibahkan 100 Juta Dolar Buat Brasil

By Suryo Wahono - Kamis, 22 Januari 2015 | 08:05 WIB
Jerome Valcke, Sekretaris Jenderal FIFA. (Getty Images)

Setelah menghabiskan lebih dari 15 miliar dolar AS untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2014, FIFA bakal memberi Brasil 100 juta dolar AS untuk mengembangkan sepak bola di negara tersebut.

Menurut laporan Business Insider, FIFA telah mempresentasikan laporan tentang Piala Dunia 2014 berdasarkan standar internasional dengan mengucurkan dana 100 juta dolar AS untuk Football Project Legacy. Dana tersebut dimaksudkan untuk mempertahankan dampak jangka panjang dari penyelenggaraan Piala Dunia di negara itu.

"FIFA berkomitmen untuk memastikan bahwa Piala Dunia FIFA meninggalkan warisan nyata di negara tuan rumah," jelas Jerome Valcke, Sekretaris Jenderal FIFA,  mengatakan dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Sao Paulo, (20/1).

Menurut anggaran awal, investasi sebesar 60 juta dolar telah disetujui untuk proyek-proyek infrastruktur dengan fokus khusus di 15 kota-kota yang tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia.

15 juta lagi dicanangkan untuk mengembangkan sepak bola junior, 15 juta untuk sepak bola wanita, empat juta untuk membangun kesadaran tentang kesehatan masyarakat, empat juta untuk proyek-proyek kesadaran sosial dan masyarakat, dan dua juta untuk biaya administrasi dan logistik.

FIFA sendiri akan bertanggung jawab dalam pendanaan, memonitor dan mengendalikan dana, sedangkan asosiasi sepak bola Brasil, CBF akan menjalankan proposal proyek.

"Kami yakin bahwa Football Project Legacy akan menjadi platform yang sangat baik untuk menyebarkan manfaat dari Piala Dunia 2014."