Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Ballon d'Or Dalam Angka (1)

By Suryo Wahono - Senin, 12 Januari 2015 | 18:45 WIB
FIFA Ballon d'Or 2015 (FRANCK FIFE/AFP/Getty Images)

masing.

Diantara sekian banyak kategori yang diperlombakan, penghargaan Pemain Terbaik menjadi salah satu sorotan utama. Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Manuel Neuer menjadi tiga kandidat terkuat.

Sebelum berbicara banyak mengenai siapa yang akan menjadi pemenang, ada baiknya jika melihat catatan menarik Ballon d'Or dalam angka. Berikut ini adalah catatan singkatnya:

80 persen dari pemenang Ballon d'Or pada tahun dimana Piala Dunia digelar, selalu tampil di babak final Piala Dunia. Sepanjang sejarah 24 tahun FIFA World Player of the Year/FIFA Ballon d’Or, hanya ada Cristiano Ronaldo (Portugal/2014), Lionel Messi (Argentina/2010), dan Hristo Stoichkov (Bulgaria/1994), yang tidak tamppil di final.

20 tahun, usia Ronaldo Luis Nazario ketika ia menjadi Pemain Terbaik Dunia 1996. Keberhasilan Ronaldo kala itu membuatnya menjadi Pemain Terbaik Dunia termuda.

12 trofi Pemain Terbaik Dunia menjadi milik para pemain dari Amerika Selatan dalam 24 edisi penghargaan Pemain Terbaik Dunia. Mereka unggul dua trofi dari torehan total yang diraih para pemain dari Eropa.

10 gelar Pemain Terbaik Dunia menjadi milik pemain Barcelona. Empat gelar datang dari Lionel Messi. Ronaldo dan Ronaldinho menyumbang dua gelar. Sedangkan dua gelar lainnya datang dari Romario dan Rivaldo.

8 tahun beruntun, Lionel Messi selalu masuk tiga nomine terkuat untuk menjadi Pemain Terbaik Dunia. Messi tidak pernah absen dalam delapan edisi Ballon d'Or terakhir.