Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roma Susah Payah Rebut Tiket Perempatfinal

By Aning Jati - Rabu, 21 Januari 2015 | 05:34 WIB
Daniele De Rossi (Getty Images)

1 sekaligus merebut tiket ke perempatfinal.

Roma mendapat sokongan semangat ekstra berkat bermain di kandang sendiri, Stadio Olimpico. Mereka tampil dominan sejak babak pertama dimulai.

Serangan Roma langsung membuahkan hasil. Pertandingan baru berjalan lima menit, tim tuan rumah membuka keunggulan melalui Juan Iturbe. Pemain asal Argentina itu berhasil menaklukkan kiper Davide Bassi setelah menyambar bola liar di depan gawang.

Gempuran Roma berlanjut. Di menit ke-28, Radja Nainggolan mengancam gawang Empoli lewat sepakan kerasnya, tapi bola masih jauh dari sasaran.

Nainggolan kembali menebar ancaman di menit ke-40. Gelandang berdarah Batak itu melakukan percobaan tembakan langsung, tapi bola masih bisa ditepis kiper.

Hingga babak pertama berkahir, Roma tak mampu menambah pundi-pundi gol. Empoli pun tak kujung berhasil membobol gawang tuan rumah.

Kendali permainan di babak kedua masih dipegang Roma. Giallorossi menciptakan peluang di menit ke-50 lewat Matia Destro. Tembakan Destro sudah mengenai sasaran, tapi mengarah tepat ke Bassi.

Hanya empat menit berselang, giliran Miralem Pjanic yang meneror pertahanan Empoli. Ia mendapat ruang terbuka cukup lebar, namun bola hasil sepakannya masih melebar di sisi kanan gawang Bassi.

Empoli bukan tanpa perlawanan. Tembakan dari Tavano di menit ke-70 sudah mengarah tepat ke gawang Roma, tapi bola masih bisa diamankan Skorupski.

Kejutan tercipta di menit ke-79. Empoli berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat aksi Simone Verdi. Menerima umpan terobosan dari lini belakang, pemain berusia 22 tahun itu melewati Skiropsi dan kemudian menceploskan bola mendatar ke gawang Roma.

Di waktu yang tersisa, kedua tim tak mampu menambah pundi-pundi gol. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu yang pertama, tempo permainan meningkat. Kedua tim lebih memilih untuk mengirimkan bola langsung ke depan. Namun, tak ada gol tercipta pada babak ini.

Roma dan Empoli melanjutkan perjuangan di babak perpanjangan waktu yang kedua. Sembilan menit laga berjalan, Serigala Ibu Kota mendapat penalti setelah Ljajic dijatuhkan di area terlarang. De Rossi, yang maju sebagai eksekutor, menjalankan tugasnya dengan baik.

Roma mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga pertandingan usai. Francesco Totti dkk. melenggang.Unggul satu bola membuat Roma bermain lebih santai.

Roma: Skorupski, Maicon, Yanga-Mbiwa, Astori, Cole, Pjanic, De Rossi, Nainggolan, Iturbe, Destro, Totti

Empoli: Bassi, Laurini, Bianchetti, Barba, Mario Rui, Vecino, Signorelli, Laxalt, Saponara, Tavano, Maccarone