Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Usai Lolos Susah Payah, Napoli Akan Hadapi Inter

By Wisnu Nova Wistowo - Jumat, 23 Januari 2015 | 05:48 WIB
Napoli hentikan laju Udinese lewat adu penalti (Getty Images)

Napoli menghentikan langkah Udinese di babak 16 Besar Coppa Italia, Jumat (23/1) dini hari WIB, di Stadion San Paolo. Pasukan Rafael Benitez pun memastikan lolos ke perempat final lewat drama adu penalti.

Di laga tersebut Napoli langsung mendapat kesempatan emas untuk membuka keungguln pada menit ke-4 dari titik penalti. Akan tetapi, Dries Mertens yang maju sebagai eksekutor gagal memaksimalkannya karena digagalkan mistar gawang. Setelah itu pertandingan berlangsung alot hingga babak pertama usai tetap belum ada gol yang mampu diciptakan kedua tim.

Di babak kedua Udinese justru berhasil lebih dulu memecah kebuntuan. Berawal dari serangan balik cepat lewat Nabil Jaadi, Cyril Thereau sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Mariano Andujar pada menit ke-58.

Pada menit ke-64 Napoli kembali mendapatkan hadiah penalti. Kali ini Jorginho yang maju sebagai algojo dan berhasil mencetak gol. Skor pun menjadi imbang 1-1. Namun, setelah gol tersebut pertandingan kembali berlangsung alot dan hingga waktu normal berakhir tidak ada lagi gol tercipta. Padahal Udinese bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-68 usai Silvan Widmer mendapatkan kartu kuning kedua.

Laga ini pun harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu. Pada menit ke-99 Marek Hamsik membuka peluang Napoli untuk lolos ke perempat final usai mencetak gol cantik dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Akan tetapi, Udinese akhirnya berhasil memaksa Napoli memainkan adu penalti karena Panagiotis Kones mencetak gol pada menit ke-104. Laga 2x15 menit pun berakhir imbang 2-2.

Napoli pun memastikan langkah ke perempat final Coppa Italia setelah memenangi drama adu penalti dengan skor 5-4. Di babak delapan besar Gonzalo Higuain dkk. akan menghadapi Internazionale yang menghentikan langkah Sampdoria.

Susunan pemain

Napoli: 45-Mariano Andujar; 16-Giandomenico Mesto, 4-Henrique, 5-Miguel Britos, 3-Ivan Strinic; 77-Walter Gargano (6-Jonathan de Guzman 72), 8-Jorginho; 14-Dries Mertens, 17-Marek Hamsik, 23-Manolo Gabbiadini (7-Jose Callejon 84); 91-Duvan Zapata (9-Gonzalo Higuain 111).

Udinese: 22-Simone Scuffet; 6-Allan, 27-Silvan Widmer, 5-Danilo, 75-Thomas Heurtaux, 26-Giovanni Pasquale; 34-Gabriel Silva, 21-Melker Hallberg (19-Guilherme 76), 8-Bruno Fernandes; 96-Nabil Jaadi (33-Panagiotis Kone 72), 77-Cyril Thereau (94-Rodrigo Aguirre 73).

Pencetak gol: Thereau 58 (U), Jorginho pen 65 (N), Hamsik 99 (N), Kone 104 (U)

Adu penalti: Bruno Fernandes (gol, U), De Guzman (gol, N), Guilherme (gol, U), Jorginho (gol, N), Kone (gol, U), Mesto (gol, N), Danilo (gol, U), Hamsik (gol, N), Allan (gagal, U), Higuain (gol, N).