Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Platini Ingin Kembalikan Jatah Eropa Jadi 15 Tim

By Suryo Wahono - Kamis, 28 Agustus 2014 | 22:08 WIB
Michel Platini, ingin jatah Eropa di Piala Dunia jadi 15 tim. (Getty Images)

Setelah urung niat jadi Presiden FIFA, Michel Platini, yang hampir pasti akan terpilih kembali sebagai presiden UEFA tahun depan, hari Kamis (28/8) ini mengatakan bahwa dia ingin Eropa mendapat jatah 15 tim lagi di Piala Dunia berikutnya.

Pria berumur 59 tahun tersebut berniat mendesak FIFA untuk menambah wakil Eropa dari 13 tim ke 15 untuk putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

"Kami punya 15 tim Eropa pada 1998 dan sekarang hanya 13, tetapi Eropa telah memenangi tiga Piala Dunia terakhir. Jerman sekarang juara dan Belanda finis ketiga tahun ini," jelasnya seperti dikutip Reuters.

"Eropa adalah konfederasi terkuat dan saya akan mendesak FIFA untuk mengakui ini."

"Yang penting di sini bukan saya atau perasaan saya. Yang penting adalah masa depan UEFA dan sepak bola. UEFA dan sepak bola Eropa belum pernah sekuat sekarang dan saya berniat menjaga supremasi ini."

Awal tahun 2014 Presiden FIFA Sepp Blatter mengisyaratkan bahwa dia ingin kurang wakil Eropa di Piala Dunia berkurang untuk kesempatan lebih kepada konfederasi lain. Platini menjawab dengan mengatakan bahwa Eropa tak akan mentolerir hal itu.

Jika Blatter mau, tim Piala Dunia mungkin harus ditambah menjadi 36 atau 40 tim, sementara saat ini 32, kata Platini ketika itu.

"Tanpa mengubah jumlah tim Eropa, jika dia (Blatter) ingin lebih banyak tim Afrika atau Asia, maka jumlah peserta Piala Dunia dapat ditambah. Itu tidak selalu menyenangkan tapi itulah solusinya."

Platini telah mengatakan kepada pers bahwa dia telah membuat keputusan tepat untuk tidak mencalonkan diri sebagai presiden FIFA. Sebab, dia belum tuntas menyelesaikan pekerjaan di UEFA.