Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Efek Roberto Mancini, Stadion Jadi Ramai

By Beri Bagja - Rabu, 14 Januari 2015 | 21:52 WIB
Roberto Mancini, membawa antusiasme. (Getty Images)

“Ada tiga hal yang dibawa pelatih Roberto Mancini ke Inter, yakni kepercayaan diri, antusiasme, dan kegembiraan.” Ucapan itu diungkapkan gelandang Inter, Zdravko Kuzmanovic, sekitar satu bulan setelah Mancini menggantikan posisi Walter Mazzarri pada November lalu.

Tak perlu waktu lama untuk melihat bukti ucapan Kuzmanovic. La Gazzetta dello Sport menyajikan data yang mendukungnya. Dalam tiga partai kandang di liga sejak ditangani Mancini, rataan jumlah penonton di Giuseppe Meazza meningkat dibanding era Mazzarri musim ini.

Kenaikan itu mencapai empat ribu orang. Dari rata-rata 31.918 penonton per laga, jumlah di era Mancini naik menjadi 36.260 orang. Data terbaru menunjukkan kemenangan 3-1 Inter atas Genoa (11/1) disaksikan oleh 37.525 orang di Meazza. Kondisi ini tentu menguntungkan dari berbagai segi. Dalam sisi psikologis, bermain dengan dukungan penuh suporter akan menaikkan semangat pemain dalam laga.

Peningkatan angka penonton juga berdampak positif untuk segi finansial. Dari sektor penjualan tiket, pemasukan Inter saat ini naik 7-8 persen dari pendapatan musim lalu.