Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Satu-satunya di Tanah Air

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 14 Januari 2015 | 13:33 WIB
Merayakan keberhasilan Manchester City menjuarai Premier League 2013/14. (MCSCI)

Berawal dari aktivitas beberapa fan Manchester City di jejaring sosial Facebook hingga berlanjut ke pertemuan rutin pada awal 2010, tercetuslah ide mendirikan sebuah komunitas bernama MCFC Indonesia.

Basis suporter Manchester City pertama dan satu-satunya di Indonesia ini resmi terbentuk per 3 Desember 2010. Tak puas sampai di situ, para pendiri seperti Andika Lidiansyah, Bregas Aditya, dan Dimas Indriansyah, lantas mengincar pengakuan dari komunitas fan resmi Manchester City, MCFC Supporters Club.

Status MCFC Indonesia akhirnya mendapat pengakuan dari sang induk pada 2011. Hal tersebut bukan hanya menjadi kebanggaan tersediri buat para anggotanya, tapi juga membuat mereka semakin bersemangat dalam menunjukkan eksistensi di Tanah Air.

Kegiatan MCFC Indonesia mulai dari nonton bareng, futsal, hingga tampil pada acara-acara musik, olah raga, dan kuis yang disiarkan stasiun televisi swasta di Indonesia terus dilakukan guna mengibarkan panji-panji komunitas.

Hasilnya efektif karena membuat nama MCFC Indonesia kian familiar di telinga khalayak luas. Pada pengujung 2012, bertepatan dengan hari jadi ke-2, komunitas ini resmi mengubah nama menjadi Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI).

Terhitung Desember 2014, MCSCI telah memiliki 42 cabang di berbagai penjuru Tanah Air. “Cabang kami tersebar dari Aceh hingga Jayapura. Regional Jayapura bahkan terbilang besar dan aktif menggelar kegiatan di Papua,” kata Humas MCSCI, Rissalah Maulana, kepada Harian BOLA, 21 Desember lalu.

Dalam waktu dekat, tepatnya 16-20 Januari, MCSCI bakal mengirimkan salah satu anggota bernama Reza Alatas ke Etihad Stadium. Reza akan menyaksikan langsung pertandingan Manchester City versus Arsenal yang berlangsung pada 18 Januari.

DATA KOMUNITAS
Nama: Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI
Berdiri: 3 Desember 2010
Ketua Umum: Andika Lidiansyah
Situs: www.indonesiacitizens.org
Facebook: MANCHESTER CITY SUPPORTERS CLUB INDONESIA
Twitter: @INA_Citizens