Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Boaz Solossa Memang Penyerang Predator Sejati

By Riemantono Harsojo - Selasa, 26 Agustus 2014 | 14:36 WIB
(Bolanews)

Boaz Solossa sekali lagi memperlihatkan kemampuannya sebagai seorang penyerang predator alias penyerang mematikan yang sejati. Ikon Persipura itu menunjukkannya saat melawan AL Kuwait SC di leg kedua babak perempat final Piala AFC pada Selasa, 26 Agustus 2014.

Pada menit ke-43, Boaz Solossa mencetak gol yang membuat Persipura memimpin 2-0 atas Al Kuwait SC di Stadion Mandala, Jayapura. Gol yang dicetak sang kapten cukup mengagumkan. Gol itu menunjukkan naluri mencetak gol Boaz Solossa yang begitu tinggi.

Mendapat bola lambung dari bek kiri Ruben Karel Sanadi, Boaz Solossa yang berada di wilayah tengah lapangan dengan sekejap dapat mengetahui bahwa kiper Al Kuwait SC sedang tidak berada dalam posisinya. Begitu menerima bola dari Ruben Karel Sanadi, dari jarak sekitar 35 meter penyerang 28 tahun itu langsung melepas tendangan melambung yang sempat memantul sebelum masuk ke gawang tak bertuan.

Pada awal babak kedua laga, Boaz Solossa sekali lagi menunjukkan kehebatannya. Menguasai bola di kotak penalti, kapten Persipura ini menari-nari untuk mengecoh bek lawan. Begitu mendapat ruang, Boaz Solossa langsung melepas satu senjata andalannya, yakni tembakan kaki kiri mendatar. Bola berhasil ditepis kiper lawan, tetapi bola muntah kemudian dilesakkan ke gawang oleh Titus Bonai. Persipura unggul 4-0. Mutiara Hitam akhirnya menang dengan skor 6-1.

Gol tersebut menjadi gol kelima dan keenam Boaz Solossa di Piala AFC tahun ini. Sebelumnya ia bikin dua gol ke gawang New Radiant serta masing-masing satu gol ke gawang Churchill Brothers di laga kandang dan tandang.


Boaz Solosaa adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di era Indonesia Super League. Ia telah mencetak 104 gol sejak ISL digelar tahun 2008. Boaz Solossa telah tiga kali menyabet gelar pencetak gol terbanyak ISL, yakni pada musim 2008, 2010, dan 2013.