Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kebanggaan Status Penya

By Peksi Cahyo Priambodo - Jumat, 16 Januari 2015 | 10:30 WIB
Para member Indobarca kala berkunjung ke Camp Nou. (Penya Barcelonista Indobarca)

Ada beberapa komunitas penggemar Barcelona di Tanah Air. Namun hanya Indobarca yang telah menggengam status penya, yakni status sebagai komunitas resmi yang mendapat pengakuan langsung dari pihak Barcelona.

Status penya tersebut mereka raih pada medio Maret 2014. Dengan demikian, Indobarca merupakan satu-satunya komunitas penggemar Barcelona di Tanah Air yang resmi di mata klub Catalan itu.

Awal kelahiran Indobarca bermula dari inisiatif beberapa member yang rutin berdiskusi di grup milis indobarcamania@yahoogroups. com sejak 2002.

Tepat pada tanggal 23 Mei 2009, Indobarca resmi mendeklarasikan komunitas mereka di Jakarta. Sejak momen bersejarah tersebut, Indobarca terus berkembang hingga menjamur ke berbagai daerah di Tanah Air.

Beragam aktivitas khas komunitas suporter juga rutin digelar secara periodik, mulai dari kegiatan nonbar, gathering nasional, futsal, hingga mengunjungi langsung Stadion Camp Nou.

Kesolidan para anggota Indobarca juga sangat terasa kala komunitas ini mengikuti BOLA Sports Race 2014, Desember silam.

Beragam yel-yel khas Barca terus berkumandang di bawah komando sang presiden, Gigih Prawira.

“Sebagian besar member yang hadir di acara ini berasal dari Jakarta. Ada beberapa juga yang dari daerah. Kami memang selalu kompak kalau sudah berkumpul,” ujar Koordinator Event Indobarca Jakarta, Galih Indra.

DATA KOMUNITAS
Nama: Penya Barcelonista Indobarca
Berdiri: 23 Mei 2009
Presiden: Gigih Prawira
Facebook: Indobarca
Website: www.indobarca.org
Twitter: @Indobarca