Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dae Won-ha Punya Stok Ginseng untuk Sebulan

By Aning Jati - Minggu, 11 Januari 2015 | 14:50 WIB
Dae Won-ha rutin mengkonsumsi ginseng dari negara asal. (Yan Daulaka/Bolanews)

Menjaga stamina dan daya tahan wajib dilakukan setiap pesepak bola profesional.

Selain dengan menjaga pola makan dan istirahat teratur, juga dengan tambahan konsukmsi suplemen, baik dalam bentuk obat ataupun makanan dan minuman yang diramu khusus.

Nah, Dae Won-ha punya cara khusus. Bek Bali United Pusam (BUP) asal Korsel itu memanfaatkan produk khas negaranya, ginseng, untuk menjaga kebugarannya.

Caranya, mengkonsumsi ginseng yang sudah dalam bentuk serbuk yang sudah dicampur ke dalam air putih sebelum memulai latihan atau pertandingan. Hal itu rutin dilakukan Won-ha.

"Gingseng punya manfaat yang sangat baik buat fisik agar selalu fit dalam keadaan cuaca panas," ujar mantan pemain Barito Putra itu.

Won-ha, yang memiliki tinggi badan 190 cm itu, bahkan mengaku dirinya sudah punya stok gingseng sebulan ke depan. Bila habis, pemain kelahiran 28 April 1985 itu langsung minta dikirimi oleh keluarganya yang berada di Seoul, Korsel.

"Orang tua saya berpesan agar saya mengabari mereka bila persediaan ginseng di sini sudah habis," ucap putra pertama pasangan Mieng Il-ha dan Mi Rang-lee itu.