Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Romanisti Club Indonesia: Pertama dan Terbesar

By Fajar Mutaqin Ahmad - Senin, 12 Januari 2015 | 15:38 WIB
Peserta dari Roma Club Indonesia antusias menjawab pertanyaan dalam Sports Quiz yang merupakan rangkaian BOLA Sports Race di Mal Gandaria City, Jakarta, pada 21 Desember lalu. (Arief Bagus/BOLA)

Dari kumpulan penyampai berita menjadi sebuah komunitas besar. Demikian kisah proses perjalanan Romanisti Club Indonesia (RCI).

Romanisti Club Indonesia didirikan di Bandung pada 8 Agustus 2005.

Pada awal kelahirannya, RCI ialah penyaji berita seputar AS Roma dan perkembangan Serie A dari sumber media-media Italia pada sebuah forum diskusi dunia maya. Nama forumnya Romanisti Indonesia (RI).

Forum ini kemudian berkembang menjadi komunitas pencinta Roma yang pertama dan terbesar di Indonesia. Aktivitas mereka pun tak lagi sebatas mencakup dunia maya. RCI aktif mengadakan program nonton bareng (nonbar), kegiatan futsal, hingga mengikuti acara-acara di media elektronik dan program temu suporter, seperti BOLA Sports Race.

Dalam konteks lebih luas, kegiatan Roma Club Indonesia bukan hanya meliputi dunia sepak bola. Program-program bakti sosial pun tak lepas dari agenda.

“Bahkan ketika nonbar pun, kami punya program sosial. Namanya one goal, one thousand. Artinya, untuk setiap gol Roma yang tercipta dalam pertandingan, teman-teman dikenakan biaya 1.000 rupiah. Tujuan dana itu untuk didonasikan kepada pihak yang membutuhkan,” kata Roby, koordinator RCI Jakarta, saat ditemui di acara BOLA Sports Race 2014 pada 21 Desember lalu.

Regional Roma Club Indonesia tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. RCI juga terafi liasi dengan AIRC, sebuah asosiasi yang menaungi perkumpulan fan Roma sedunia.

“AIRC melihat Indonesia memiliki basis suporter Roma yang terbanyak di Asia,” ujar Roby lagi.

Yang spesial adalah RCI juga punya kelompok istimewa bernama Romanita, sebut an untuk anggota wanita di komunitas ini.

DATA KOMUNITAS
Nama: Roma Club Indonesia
Berdiri: 8 Agustus 2005
Presiden: Mei Dwi Kuncoro
Facebook: Romanisti Indonesia
Twitter: @romaindonesia
Youtube: Romanisti Indonesia (www.youtube.com/OffcialRomaIndo)