Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PMID: Paling Seru buat Ngumpul

By Fajar Mutaqin Ahmad - Senin, 12 Januari 2015 | 15:32 WIB
Delegasi Pena Madridista Indonesia disambut Presiden Florentino Perez pada Reunion Anual de Penas 2013 di Madrid. (Pena Madridista Indonesia)

Pada pertengahan Juni 2013, lebih dari enam ribu suporter Real Madrid dari berbagai belahan dunia berkumpul di Valdebas.

Mereka adalah delegasi dari pena alias grup suporter resmi Real Madrid di seluruh dunia yang datang dalam rangka pertemuan akbar pena III.

Salah satu delegasi datang dari Indonesia. Mereka datang sebagai wakil Pena Madridista Indonesia (PMID). Grup suporter penggemar Los Blancos ini memang relatif baru. Menurut Meta Andri Setiawan selaku Humas, PMID berdiri sejak 30 Mei 2012.

“Kami terinspirasi negara-negara lain yang mempunyai komunitas resmi dari Madrid. Dua bulan setelah berdiri, pada 16 Juli 2012, akhirnya Pena Madridista Indonesia telah menerima peresmian,” kata Meta kepada BOLA.

Meta juga menambahkan bahwa proses peresmian dari Madrid juga tak sulit. "Mereka justru sangat senang," ucapnya.

Setelah resmi berdiri, perkembangan PMID cukup pesat. Mereka kini memiliki 1.570 anggota yang tersebar di 13 region di Indonesia.

PMID juga melakukan kegiatan rutin semisal futsal atau nonton bareng. Namun, jam tayang La Liga Spanyol yang relatif kurang bersahabat karena terlalu larut atau malah menjelang pagi membuat rutinitas nonton bareng agak jarang. Wajar kalau Meta, mewakili PMID, merasa sangat senang dengan kegiatan BOLA Sports Race.

Ajang ini ia sebut sebagai ajang berkumpul yang asyik. PMID sendiri berpartisipasi di dua edisi terakhir, 2013 dan 2014.

“Persaingan itu penting, tapi ajang ini justru lebih vital lagi buat ngumpul bersama para anggota. Sekitar 50-an anggota kami datang,” tutur Meta. “Acaranya asyik banget, nambah wawasan, tapi kangen mall race yang bisa lari-larian di dalam mall,” ujarnya.

DATA KOMUNITAS
Nama: Pena Madridista Indonesia
Berdiri: 30 Mei 2012
Presiden: Hany Ridho
Wakil Presiden: Jefrey Steve
Bendahara: Bellinda Stella
Humas: Meta Andri
Situs: www.penyamadridista.or.id
Twitter: @PenyaMadrid_ID
Facebook: PenyaMadridistaIndonesia